04 April 2011

P3K

p3kRESUSITASI
kadang-kadang kita dihadapkan kepada seorang penderita yang dengan mendadak telah kehilangan kesadarannya , tidak bernapas daqn denyut jantungnya tidak terasa lagi,sehingga nampaknya orang tersebut telah meninggal dengan mendadak sekali.Mungkin

orang tersebut mengalami kecelakaan seperti tersengat arus listrik,TENGGELAM di air kolam renang atau di tempat yang lain,penderita seperti ini memerlukan pertolongan pertama yang dinamakan "RESUSITASI".
TUJUAN RESUSITASI adalah supaya orang tersebut dapat bernapas lagi , jantung berdenyut lagi, dan lambau laun menunjukkan tanda-tanda bahwa ia masih hidup , walaupun masih dalam keadaan gawat!!!
RESUSITASI ADALAH PERTOLONGAN PERTAMA TANGGAP DARURAT DENGAN MELALUI TAHAPAN PROSEDUR STANDAR DAN DILAKSANAKAN UNTUK MENOLONG KORBAN SEBELUM MENDAPATKAN BANTUAN MEDIS LEBIH LANJUT.
RESUSITASI tidak berguna jika dilakukan pada orang yang telah lama sakit keras sehingga keadaanya semakin mundur dan akhirnya napas dan denyut jantungnya berhenti dan kesadarannya hilang.
Resusitasi tidak perlu diberikan pada orang yang walaupun"TIDAK SADAR",namun masih bernapas dan jantungnya masih berdenyut.
Sebaiknya orang awam tidak melakukan RESUSITASI padakorban kecelakaan yang luka berat atau pada korban tindak kejahatan.Penderita seperti itu sebaiknya diusahakan supaya selekas mungkin dapat diperiksa dan ditolong dokter.
Berhasil tidaknya RESUSITASI untuk sebagian besar tergantung pada saat dimulainya RESUSITASI setelah malapetaka menimpa si sakit.
RESUSITASI terdiri dari urutan-urutan empat pertolongan dasar supaya dijalankan dengan baik
disebut dengan A , B , C dan D
A. JALAN NAPAS ( AIRWAY )
Pertolongan dimulai dengan membebaskan jalan napas dari segala sesuatu yang dapat merintangi keluar masuknya udara dari paru-paru,khusus bagi yang tenggelam keluarkan air dari paru-paru dengan cara ditelungkupkan dan mengangkat perutnya supaya air dapat mengalir dari hidung dan mulut penderita.Pembersihan hidung dan mulut penting karena akan tertiup masuk bersama udara ke dalam paru-paru dan menyebabkan radang paru oleh karena itu harus dibersihkan dari sisa ingus kotoran mutahan sebelum di beri napas buatan.
B. DIBERI NAPAS BUATAN (BREATHING)
Ini dilakukan setelah A benar-benar bersih den beres
mulut dibuka tutup hidung penderita dan tarik napas dalam kemudian di transferkan ke penderita melalui mulut penderita yang telah dibuka lebar "THE KISS OF LIFE" ciuman yang dapat menghidupkan
C.CARDIAC MASSAGE
dilakukan di daerah jantung tulang dada bagian bawah 4 kali berturut turut dengan kecepatan setiap kali satu detik dengan tekanan telapak tangan 4-5cm kebawah pertolongan B sekali dan empat kali pertolongan C begitu seterusnya
D.DRUG (obat-obatan )
Ini wewenang petugas medis untuk memberikan obat apapun yang diperlukan sesuai yang dibutuhkan penderita.
CEDERA OTOT
Boys and Girls kalau kita melakukan aktifitas olahraga dengan pemanasan yang seadanya atau cenderung malas pemanasan maka kemungkinan besar otot tidak siap dan cedera pada jaringan otot mengintai sewaktu waktu apalagi gerakan yang dilaksanakan tanpa prosedur yang benar yaitu :
1. Pemanasan
2. Latihan inti
3. Pendinginan
Namun jika ternyata terjadi juga cedera otot karena kesalahan berbagai faktor yang tidak kita antisipasi antara lain : 1.Kurang pemanasan
2.alat olahraga tidak sesuai untuk peruntukannya 3.Pakaian olahraga yang tidak sesuai dengan norma atau cabangnya .maka jalan terbaik merawat cedera tersebut dengan hati-hati agar segera sembuh seperti sediakala.
Boyz and girls jangan sekali kali cedera otot atau sering kita sebut keseleo "diurut" / "dipijat" apalagi di tempat yang sakit karena akan memperparah luka dijaringan otot tersebut dengan menimbulkan banyak pendarahan tandanya dengan "bengkak membiru" ini terjadi pendarahan di dalam jaringan jadi jika keseleo secepatnya dikompres es untuk menghindari pembengkakan. Kompres es akan membekukan pendarahan yang terjadi dan mengecilkan pembuluh darah kapiler agar pendarahan dapat terhenti sehingga tidak terjadi pembengkakan.jadi pemanasan yang cukup , pakaian olahraga yang sesuai, alat olahraga harus sesuai dan cabangnya dan memulai aktifitas

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook