05 April 2011

sejarah bulu tangkis

image Menurut sejarahnya, bulu tangkis berasal dari India yang disebut "Poona". Lalu permainan ini dibawa ke Inggris dan dikembangkan di sang. pada 1873

permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter Shire. Oleh karena itu, permainan ini kemudian dinamakan "Badminton".

Perkembangan permainan bulu tangkis di dunia diketahui sejak abad ke-17. permainan ini sudah dimainkan di Eropa, India, dan Tiongkok. Perkembangan di Eropa yang paling menonjol adalah di Inggris, sehingga orang-orang Inggrislah yang menciptakan peraturan-peraturan dalam permainan dan membentuk Persatuan Bulu Tangkis Tingkat Nasional.

Dari perkembangan di Inggris ini kemudian dicetuskan untuk membentuk Persatuan Badan Internasional Bulu Tangkis, yang menampung kegiatan-kegiatan permainan bulu tangkis di dunia. pada 5 juli 1934 barn

terbentuk IBF yaitu: "International Badminton Federation". Badan bulu tangkis internasional ini menyelenggarakan kejuaraan beregu putra antarnegara yang pertama pada 1948-1949 yang disebut kejuaraan Thomas Cup. Untuk kejuaraan beregu puteri disebut kejuaraan Uber Cup pada 1956-1957. Selain itu, pada 1989 diadakan kejuaraan bulu tangkis beregu campuran antarnegara yang dinamakan "Sudirman Cup".

Di Indonesia dibentuk induk organisasi tingkat nasional yaitu "Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indo­nesia" (PBSI) pada 5 Mei 1951. Kemudian pada 1953 Indonesia menjadi anggota IBF. Dengan demikian Indonesia berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook