26 September 2011

SPORT MASSAGE




A. Pendahuluan

Sport massage adalah suatu tahap awal dalam metode fisioterafi sejak 3000 tahun yang lalu. Ketika terjadi luka, pijat menjadi treatment yang sangat efektif untuk mengatasi kebanyakan keluhan dan ia juga mampu membantu proses penyembuhan. Pijat harus dipandang sebagai obat preventive. Ia sangat bagus menghindari luka yang berlebihan dan dilakukan secara teratur untuk mengatasi rasa sakit minor. Banyak atlit Pria dan Wanita selalu melakukan terapi pijat untuk mengurangi ketegangan syaraf dan merilekskan pikiran sebelum melakukan even yang sangat penting.


B. Manfaat

Pijat adalah seni penyembuhan kono yang mampu memberikan banyak manfaat bagi semua system tubuh, yang beberapa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini :
  1. Sistem Saraf
Sangat dipengaruhi aplikasi pijat. Efek pijat terasa sangat nyaman dan sedatif, dan mampu mengurangiiritabilitas syaraf. Gangguan-gangguan seperti imsonia, ketegangan, sakit kepala dan kondisi-kondisi lain yang diakibatkan oleh stress merespons kekuatan penyembuhan dari sentuhan seperti kembalinya kedamian dan harmonike dalam pikiran yang kacau balau. Efek pijat pada syaraf mampu memberikan rangsangan dan meningkatkan aktivitas otot, pembuluh darah dan kelejar yang diatur oleh otot-otot tersebut. Pijat akan sangat bermanfaat bagi kelenjar yang diatur oleh otot-otot tersebut. Pijat akan sangat bermanfaat bagi orang yang sedang mengalami kelelahan yang teramat sangat atau merasa lemas.

  1. Sistem Otot
Memperoleh banyak manfaat dari pijat. Otot membutuhkan keseimbangan dalam kondisi rileks atau ketika ia memgalami kontraksi. Beberapa kegiatan pijat mampu mengendurkan dan meregangkan otot dan jaringan-jaringan lunak dalam tubuh, sehingga mengurangi ketegangan ototdan kram. Jaringan-jaringan halua, adhesi dan jaringan bekas luka bisa pecah dan membersihkan kandungan kotoran yang ada. Ketika otot berkontraksi, produk-produk beracun akan dibuang. Gerakan lain akan menghasilkan kontraksi otot sehingga menghasilkan irama gerakan otot yang bagus. Kelelahan dan ketegangan pada otot karena aktivitas yang berlebihan dan akibat penumpukan substansi beracun di otot bisa dikurangi dengan kontraksi dan relaksasi otot.

  1. Sistem Rangka
System rangka bisa menjadi lebih kuat dengan pijat. Tulang dipengaruhi secara tidak langsung oleh pijat. Perbaikan sirkulasi darah dan getah bening di otot akan menghasilkan sirkulasi yang lebih baik dalam tulang-tulang yang terkait. Sendi yang tegang dan rasa sakit yang diakibatkan oleh kondisi-kondisi seperti arthritis, bisa dikurangi sehingga tercipta rasa nyaman dan kemudahan dalam bergerak.
  1. Sistem Sirkulatori
Pijat dapat menghilangkan tekanan pada arteri dan vena, sehingga memperlancar aliran darah yang mengalir dalam system sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya masalah pada sirkulasi dan jantung. Detak jantung menjadi semakin kuat, rata-rata detak jantung menurun dan tekanan darah  tinggi juga bisa diturunkan.

  1. Sistem Getah
Akan dirangsang dan aliran getah dalam system tersebut menjadi semakin kencang. Ketika dilakukan pijat usap, maka kotoran dan substansi beracun dalam tubuh yang menerima terlalu banyak tekanan akan segera hilang. Ketika kita cedera, sering kali muncul banyak oedema (bengkak) yang akan menghambat sirkulasi getah bening. Pijat bisa mengosongkan pembuluh getah bening dan menghilangkan bengkak. Jika cairan itu tidak dialirkan, maka ia akan menjadi cairan semi padat dan tidak bisa mengalir ke dalam pembuluh getah bening. Oleh karena itu, ia akan melekat pada jaringan-jaringan yang ada disekitarnya (otot, tulang, tendon, dan ligament) dan membentuk apa yang dikenal dengan nama “adhesi”. Jika sebuah adhesi terbentuk dalam sebuah sendiri maka gerakan kan terganggu secara permanen.



  1. Sistem Penapasan
Akan memberikan respon ketika terjadi peningkatan aktivitas dalam paru-paru karena pijat. Ketika treatment tersebut terus dilanjutkan, maka pernapasan menjadi lambat dan dalam. Jika perlu, ingus dan sekresi bronchial juga bisa didorong keluar dari paru-paru dengan gerakan perkusif pada punggung dan diatas paru-paru.

  1. Sistem Pencernaan
Memperoleh manfaat ketika pijat mampu meningkatkan aktivitas peristaltis (gerakan seperti gelombang) dalam calon sehingga zat-zat faekal menghilang dan pijat juga mengatasi sembelit. Pijat mampu memperkuat dinding otot-otot dari usus dan abdomen, dan merangsang sekresi sisa pencernaan dari hati, pancreas, perut, dan usus. Selain mempelancar pencernaan dan memproses makanan, pijat juga bisa meningkatkan penyerapan makanan yang dicerna.

  1. Kulit
Aktivitas dan nutrisi kulit juga memperoleh manfaat dari pijat. Keringat dan kelenjar sebaseus akan memperoleh rangsangan sehingga meningkatkan fungsi mereka dan memastikan pengeluaran produk-produk limbah. Ketika kulit-kulit mati hilang, maka pori-pori akan tetap terbuka sehingga respirasi, fleksibilitas dan elastisitas kulit meningkat. Kondisi, tekstur dan irama kulit juga mengalami perbaikan menjadi sehat dan bersinar.


  1. Sistem Urinari-genito
Penggunaan pijat abdominal dan pijat punggung mampu meningkatkan aktivitas ginjal, sehingga mempercepat pembuangan kotoran dan mengurangi retensi cairan.

  1. Sistem Reproduksif
Pijat abdominal dan pijat punggung bisa membantu mengurangi masalah menstruasi seperti periode rasa sakit, menstruasi yang tidak teratur dan gejala-gejala menopause.

C. Kontraindikasi
  1. Suhu Tinggi/Demam
Tubuh akan langsung melawan racun yang akan masuk dan itu tidak terlihat dengan naiknya suhu tubuh. Pijat hanya akan melepaskan lebih banyak racun ke dalam system tubuh.

  1. 2. Trombo-phlebitis dan kondisi-kondisi lain yang serupa
Plebitis adalah peradangan atau zat racun yang terjadi pada vena. Kulit didekat vena yang mengalami peradangan akan berwarna merah, panas, dan membengkang. Pasien mengalami sakit luar biasa dan peningkatan sensivitas di area di sekitar vena. Jika muncul gumpalan darah beku (trombus) di vena, maka pijat akan menimbulkan kontraidikasi karena gumpalan darah itu bisa berpindah sehingga menyebabkan kematian.

  1. 3. Advances Varicose Veins
Pijat dapat membahayakan karena dapat menyebabkan peradangan menjadi lebih parah dan menimbulkan rasa sakit yang lebih hebat.

  1. Bekas Luka atau Operasi yang masih baru
Berhati-hatilah dengan bekas luka yang masih baru dan luka yang terbuka. Jaringan bekas luka lama bisa dipijat.

  1. Bengkak dan rasa sakit tanpa sebab
Keduanya mungkin tidak perlu dikhawatirkan tetapi akan bijaksana jika anda memeriksakannya ke dokter. Sesungguhnya tiap kondisi yang menyebabkan munculnya keraguan dibenak anda perlu diperiksakan oleh dokter untukmengetahui kemungkian terjadinya penyakit serius.

  1. Obat-obatan
Setelah dilakukan suntikan steroid (doving) daerah yang disuntik tidak boleh dipijat karena tekanan pada otot dengan steroid didalamnya akan membuat serat-serat terputus. Tunggu kira-kira 6 atau 8 minggu.

D. Kesimpulan
Pijat adalah sebuah treatment preventif yang penting untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran.
  1. Pijat sebelum bertanding
Fungsi utama dari pijat sebelum bertanding adalah untuk menyegarkan dan bukannya merelekskan. Otot perlu dilemaskan dan dihangatkan dan siapkan untuk bekerja sebelum bertanding. Ini akan meningkatkan performa, stamina, dan ketangkasan serta meminimalkan terjadinya ketegangan otot selama pertandingan. Dalam pijat sebelum pertandingan, gerakan pijat dilakukan dengan kuat dan bersifat merangsang.
  1. Pijat pasca pertandingan
Tujuan utama dari pijat pasca pertandingan adalah agar otot pulih dari kelelahan. Pijat bertujuan untuk menghilangkan produk-produk sampah seperti asam lactic dan endapan (urea) lain dari jaringan. Atlit top Pria dan Wanita bisa mempercepat waktu pemulihan dari tiga hari menjadi hanya satu hari. Dalam pijat pasca pertandingan, gerakan dilakukan dengan lambat dan kuat untuk memperkuat efek membersihkan sampah tubuh.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook