09 November 2011

fakta di balik jalan kaki

Jalan kaki, salah satu bentuk olah raga yang dapat dengan mudah dilakukan oleh hampir siapa saja. Tahukah Anda bahwa jalan kaki akan membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan kondisi jantung dan paru-paru? Jalan kaki juga merupakan salah satu bentuk aerobik yang paling sederhana. Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten merupakan salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas fisik yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu, lebih panjang umur beberapa tahun dibanding mereka yang tidak. Hhm....ada berminat? Silakan teliti satu per satu fakta jalan kaki berikut :

  • Rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit.
  • Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound lemak per tahun.
  • Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.
  • Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit akan memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru.
Jalan kaki juga memberikan manfaat sebagai berikut:
  • Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru.
  • Membakar lemak dalam tubuh.
  • Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat.
  • Membantu mengontrol selera makan.
  • Meningkatkan energi.
  • Membantu menyembuhkan stress.
  • Memperlambat penuaan.
  • Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.
  • Menurunkan tingkat darah tinggi.
  • Membantu mengontrol dan mencegah diabetes.
  • Menurunkan beberapa resiko kanker seperti kanker prostat dan payudara.
  • Membantu rehabilitasi dari serangan jantung dan stroke.
  • Memperkuat otot kaki, paha dan tulang.
      Jalan kaki jauh lebih disenangi di banding lari atau jogging karena jalan kaki mengurangi stress pada bagian tubuh termasuk paha, lutut dan kaki. Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pelemasan setelah jalan kaki. Selamat mencoba.