15 Januari 2012

7 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Melatih Perut

Anda sudah berlatih ekstra keras untuk membentuk perut sixpack, tetapi tak peduli sudah berapa banyak keringat yang keluar, Anda tetap belum melihat hasil yang Anda inginkan. Sangat sulit untuk mengikis lemak perut dengan maksimal, jika Anda tidak berlatih dengan benar.
Pria umumnya menyimpan lemak tubuh mereka di area perut. Sayangnya, kelebihan lemak jenis ini sangat erat kaitannnya dengan berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, hingga kanker usus besar.
Latihan adalah cara yang sangat bagus untuk membentuk perut Anda, tetapi latihan harus dilakukan dengan benar. Berikut ini ada 7 kesalahan yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang yang berlatih untuk membentuk perut sixpack mereka.

  1. Hanya melakukan crunch dan sit up
    Latihan-latihan tersebut mungkin menjadi latihan perut yang paling sering dan banyak dilakukan, karena latihan-latihan tersebut memang benar-benar bekerja untuk membentuk otot perut Anda! Namun bagaimanapun juga, otot Anda dapat beradaptasi dengan cepat untuk beberapa latihan. Jika ini terjadi, maka otot-otot Anda pun akan berhenti merespon latihan yang Anda lakukan. Melakukan perubahan pada latihan Anda setiap beberapa minggu sekali akan menjaga otot Anda tetap tumbuh dan berkembang.
  2. Melatih otot perut setiap hari
    Otot perut sama halnya dengan otot tubuh Anda lainnya, yang juga membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan diri dan memperbaiki diri setelah sesi latihan berat. Jadi, makin sering Anda melatih perut bukan berarti semakin mudah perut sixpack Anda terbentuk. Selain itu, latihan perut terlalu banyak juga meningkatkan risiko Anda untuk mengalami cedera punggung bawah.
  3. Menghindari kardio
    Menghindari latihan kardio adalah kesalahan terbesar jika Anda ingin membentuk perut sixpack dan memangkas lemak di perut Anda. tak peduli berapa keras latihan perut Anda, tidak ada yang namanya spot reduce, atau menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu saja. Anda harus kurangi lemak yang tertimbun dalam seluruh tubuh Anda. Itulah sebabnya, kardio perlu Anda lakukan.
  4. Tidak melakukan latihan beban untuk otot lain
    Untuk membentuk perut sixpack, Anda memang harus melatih otot perut Anda, tetapi otot tubuh lainnya pun sama pentingnya. Otot dalam tubuh Anda sebenarnya saling berkaitan. Tendon dari kelompok otot lainnya (misalnya latissimus dorsi dan trapezius di punggung, dan hamstring di kaki) memanjang melewati area perut Anda. Jadi, yang sebenarnya memberikan penampilan “sixpack” Anda adalah tendon yang terbentang dari kelompok otot lain dan terhubung dengan daerah perut Anda.
  5. Tidak makan dengan baik
    Meskipun latihan teratur adalah cara yang efektif untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh Anda, akan tetapi apa yang Anda makan juga sangat menentukan apakah Anda bisa memiliki perut sixpack atau tidak. Anda tetap harus atur pola makan Anda dengan baik. Cukupilah asupan protein harian Anda agar otot Anda bisa terbentuk dengan optimal, serta konsumsilah karbohidrat baik, lemak baik, serta kalori dalam jumlah yang cukup.
  6. Hanya mengandalkan diet
    Dengan berdiet saja tanpa melakukan latihan adalah kunci untuk kegagalan dalam meraih perut sixpack. Meskipun Anda bisa saja mengurangi berat badan secara signifikan dengan berdiet saja, sebagian besar dari berat badan yang turun itu bisa saja berupa otot, bukan lemak.
    Latihan akan membantu mengurangi kadar lemak tubuh Anda dan juga membentuk otot Anda. Keduanya adalah kombinasi yang Anda butuhkan untuk membentuk perut sixpack.
  7. Tidak mencari bantuan
    Jika Anda merasa sudah melakukan apapun tetapi masih belum juga mendapatkan perut sixpack yang Anda inginkan, maka inilah saatnya Anda mencari bantuan. Carilah informasi yang akurat mengenai cara latihan dan pola makan yang benar untuk membantu Anda mendapatkan perut sixpack dengan optimal.
Nah, adakah di antara ketujuh hal di atas yang masih Anda lakukan? Jika ya, sebaiknya segeralah perbaiki program latihan dan pola makan Anda agar Anda bisa dapatkan perut sixpack yang Anda idamkan dengan efektif.