15 Januari 2012

Ketahui Penyebab Kenapa Kaki Anda Terasa Nyeri Ketika Berolahraga

Apakah Anda mengalami rasa sakit di kaki yang seringkali menjalar ke bagian tubuh lainnya? Mungkin pronasi kaki Anda adalah salah satu penyebabnya.
Apa itu pronasi?
Istilah “pronasi” (pronation) mengacu pada pemutaran kaki ke dalam secara berlebihan, baik pada saat berdiri, berjalan, atau berlari. Pronasi merupakan gerak normal yang terjadi pada setiap langkah yang kita ambil dan membantu untuk menyerap tekanan ketika kaki menghentak tanah. Ini juga membantu kaki untuk beradaptasi pada permukaan yang tidak rata. Namun, pronasi yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah, tidak hanya pada kaki, tapi seluruh tubuh. Berikut adalah diagram yang menunjukkan BEBERAPA tempat timbulnya rasa sakit yang paling umum yang dapat terjadi pada kaki dan tubuh.

Nyeri akibat pronasi akan mempengaruhi sekitar 40% populasi, pada beberapa titik dalam kehidupan mereka. Namun demikian, hanya 5% dari populasi yang akan mencari pengobatan untuk mengatasi rasa sakit mereka. Seringkali, rasa sakit tidak terjadi di kaki, penyebab masalah mungkin tidak pernah bisa diatasi, dan rasa sakit akan berlanjut. Ini berarti bahwa sejumlah besar orang menderita nyeri pada kaki, pinggul atau punggung karena penyebab yang sebenarnya jauh dari asal nyeri.



Tubuh Anda ibarat sebuah bangunan. Tanpa fondasi yang tepat untuk menjaga bangunan tetap stabil, simetris dan tegak, bagian lain dari bangunan tersebut akan runtuh. Perawatan seperti istirahat, pijat atau obat-obatan anti-inflamasi (anti radang) akan membantu meringankan gejala saja, sampai aktivitas yang menyebabkan rasa sakit terjadi lagi. Sayangnya, ketika penyebab rasa sakit adalah akibat ketidakstabilan fondasi Anda (kaki), segera setelah Anda mulai berdiri, berjalan, dan berlari lagi, efek meredakan gejala dari pengobatan Anda akan berlangsung lebih singkat.
Kunjungi podiatris untuk pemeriksaan komprehensif atas keluhan Anda. Pengobatan terhadap “akar” dari masalah kaki yang Anda alami mungkin menjadi jawaban untuk nyeri kaki yang menjalar dan berkelanjutan



Berikut adalah beberapa contoh pronasi:

Gambar 1 Tidak ada lengkungan sama sekali, tumit ter-“eversi” (miring)
Gambar 2 Tidak ada lengkungan kaki


Gambar 3 Tumit ter-“eversi” (pronasi)

Gambar 4 Pronasi kaki yang berlebihan

Gambar 5 “Eversi” tumit yang berlebihan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar