15 Januari 2012

Tips Penting Agar Latihan Renang Anda Lebih Efektif

Salah satu olahraga air yang paling digemari sampai saat ini adalah berenang. Renang merupakan salah satu olahraga yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk melatih kekuatan dan power Anda.
Hal-hal Yang Perlu Anda Perhatikan
Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga renang:
  • Pemanasan
    Dalam prinsip olahraga apapun pemanasan tidak boleh terlewatkan. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi risiko cedera pada tubuh Anda.
  • Pakaian Renang
    Usahakan menggunakan pakaian renang dari bahan yang cukup elastis dan hangat agar mampu menahan melindungi tubuh dari dinginnya air. Karena suhu tubuh akan cenderung menurun dengan cepat ketika kita berada dalam air.
  • Gerakan Bertahap
    Lakukanlah “latihan” dahulu sebelum Anda benar-benar berenang. Hal ini juga mengurangi risiko terjadinya kram otot dalam air. Beberapa orang mengalami kram otot ketika masuk ke dalam kolam karena terjadi gerakan menghentak atau mendadak pada bagian otot tertentu.
  • Istirahat
    Batasi waktu berenang Anda antara 4x50 meter untuk setiap intensitas gerakan kemudian beristirahatlah antara 15-20 detik sebelum memulai gerakan lain, untuk kemudian dilanjutkan dengan intensitas renang yang lebih tinggi sesuai porsi latihan.
Pengaturan Kecepatan Berenang
Sebaiknya kecepatan dalam berenang dibuat bervariasi. Mengatur kecepatan dengan tepat akan memberikan Anda latihan lebih singkat dengan hasil lebih optimal. Anda bisa melakukan latihan yang sangat singkat dan cepat dengan banyak istirahat untuk meningkatkan kekuatan dan power Anda, misalnya berenang 4 – 10 kali masing-masing 10 -20 detik berenang dengan 40 – 60 detik istirahat di antaranya.
Berikut ini contoh latihan yang akan meningkatkan stress dan kecepatan dalam satu sesi latihan.
  • 10 – 15 menit pemanasan berupa berenang dengan kecepatan sedang, dilanjutkan berenang 4 x 50 meter dengan 10 – 20 detik istirahat.Lakukan latihan renang yang pertama dengan santai, kemudian secara bertahap ulangi dengan usaha yang lebih keras dari sebelumnya.
  • 1 – 5 menit berenang dengan kecepatan sedang, dilanjutkan dengan berenang 4 – 10 x 25 meter dengan 40 – 60 detik istirahat di antaranya.Lakukan ini dengan upaya maksimum. Mulailah dengan 4 kali berenang, kemudian tambahkan secara bertahap setiap minggunya sebanyak 1 atau 2 kali hingga Anda bisa mencapai angka 10 kali, lalu kembalilah pada angka 4 kali dan coba lakukan dengan lebih cepat.
  • 1 – 5 menit berenang dengan kecepatan sedang, dilanjutkan 1 x 400 meter berenang dengan kecepatan tinggi, istirahat sekitar 20 detik setelahnya, lalu 1 – 5 menit dengan kecepatan sedang. Setelah itu, jangan lupa menutup latihan Anda dengan pendinginan berupa berenang dengan kecepatan rendah, turunkan terus hingga Anda selesai.
Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat dalam berenang, maka Anda akan dapatkan manfaat optimal dari olahraga ini serta terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.