18 Desember 2013

manfaat karbohidrate

Karbohidrat adalah sumber utama energi kita dan memberikan bahan bakar yang ideal bagi tubuh kita untuk berfungsi secara optimal, sama halnya seperti vitamin dan mineral. Mereka juga satu-satunya bentuk energi yang digunakan oleh otak. Pentingnya karbohidrat dapat dilihat dari definisinya dan oleh sebab itu akan terjadi hal-hal seperti berikut pada tubuh kita jika jumlah karbohidrat tidak memadai: terjadinya kerusakan jaringan otot, kelelahan, kekuatan otak akan berkurang.

Karbohidrat adalah makronutrisi yang kita butuhkan dalam jumlah besar. Menurut Dietary Reference Intakes yang diterbitkan oleh USDA menyebutkan bahwa 45% – 65% kalori harus berasal dari karbohidrat. Kita memerlukan karbohidrat dalam jumlah seperti ini karena pentingnya karbohidrat berikut:
  • Karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar bagi tubuh.
  • Karbohidrat adalah energi yang mudah digunakan oleh tubuh.
  • Semua jaringan dan sel-sel di dalam tubuh kita dapat menggunakan glukosa sebagai energi.
  • Karbohidrat diperlukan untuk sistem saraf pusat, ginjal, otak, otot-otot (termasuk jantung) untuk berfungsi dengan baik.
  • Kelebihan karbohidrat dapat disimpan dalam otot dan hati dan kemudian digunakan setelah diubah menjadi glikogen.
  • Karbohidrat penting dalam kesehatan usus dan pembersihan limbah.
  • Karbohidrat terutama banyak terdapat dalam makanan bertepung (seperti gandum dan kentang), buah-buahan, susu, dan yoghurt. Makanan lain seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian mengandung karbohidrat tapi dalam jumlah yang lebih kecil.
Setiap gram karbohidrat yang kita konsumsi mengandung sekitar empat kalori. Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat, enzim amilase akan mengubahnya menjadi glukosa, bahan bakar utama yang digunakan tubuh untuk daya semua aktivitas selular. Jika kita membatasi konsumsi karbohidrat (mengurangi jumlahnya), kita akan mengalami efek samping yang mana tubuh mencoba untuk beradaptasi dan melengkapi untuk kekurangan bahan bakar secara tiba-tiba. Sebagai hasilnya mungkin kita akan mengalami perubahan suasana hati, mual, pusing, lemah, dan depresi.
Pentingnya karbohidrat dapat dilihat dari paparan di atas. Dengan begitu kita harus memperhatikan asupan karbohidrat untuk tubuh kita agar kesehatan terjaga