06 April 2011

HAKIKAT KEGIATAN LUAR SEKOLAH (REKREASI) 1.

IMG_1625Fungsi Kegiatan Rekreasi bagi Siswa

Program rekreasi pendidikan di sekolah-sekolah saat ini perlu digalakkan. Hal ini dilakukan agar tercapai tujuan pendidikan

nasional, yaitu meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, mempertebal semangat kebangsaan, dan cinta tanah air.

Kegiatan rekreasi pada dasarnya merupakan bagian integral dari pendidikan, yang merupakan penunjang proses pendidikan, dan menjadi salah satu media untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai media pendidikan, rekreasi pendidikan mempunyai fungsi sebagai berikut.

a. Menambah pengetahuan dan wawasan

Dengan mengikuti kegiatan rekreasi pendidikan, siswa akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang tidak terdapat dalam pelajaran pokok di sekolah. Kegiatan rekreasi tersebut misalnya: penjelajahan, mendaki gunung, berkemah, dan sebagainya. Dengan kegiatan tersebut, siswa akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang beraneka ragam sesuai dengan bentuk dan jenis kegiatannya.

b. Meningkatkan ketangkasan dan keterampilan

Dengan melakukan berbagai kegiatan rekreasi pendidikan, para siswa akan dapat meningkatkan keterampilan. Hal tersebut dapat diperoleh dari kegiatan rekreasi pendidikan yang berupa permainan, pekerjaan tangan, melukis, menari, dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kelak dikemudian hari.

C. Mempengaruhi gairah belajar

Rekreasi mengandung makna "re-create" yang berarti pemulihan. Dengan melakukan kegiatan rekreasi pendidikan, semangat dan gairah belajar siswa diharapkan akan meningkat. Hal tersebut disebabkan rekreasi pendidikan, di samping dapat mengalihkan dan menciptakan suasana baru, juga dapat dijadikan media untuk mencari kesegaran jasmani, kegembiraan dan kepuasaan jiwa.

d. Menambah sikap hidup yang kreatif dan sosial

Dengan melakukan rekreasi pendidikan, siswa dapat memperoleh pengalaman baru yang positif. Kegiatan rekreasi pendidikan di antarnya hidup di alam terbuka dan wisata karya. Kegiatan tersebut akan membuat siswa belajar hidup mandiri, bergotong-royong, belajar hidup bermasyarakat, memperhalus dan meningkatkan rasa Beni Berta memupuk rasa percaya diri.

a. Membentuk kepribadian yang lebih baik

Rekreasi pendidikan akan membentuk kepribadian yang lebih baik. Oleh karena di dalam rekreasi pendidikan terdapat kegiatan yang mendidik siswa untuk belajar hidup mandiri, bergotong - royong, mengenal adat-istiadat penduduk setempat, pengenalan budaya masa lalu, memupuk rasa percaya diri dan sebagainya.

b. Menanamkan rasa kekaguman clan syukur terhadap kebesaran ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

Dengan melakukan kegiatan rekreasi pendidikan pada siswa, akan lebih tertanam rasa kekaguman dan syukur terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pada akhirnya timbul rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap-Nya.

C. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa

Salah satu penanaman rasa cinta tanah air clan bangsa terhadap siswa, dapat melalui kegiatan. rekreasi pendidikan. Oleh karena di dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan yang bermanfaa­seperti: mengunjungi objek-objek pemandangan alam yang indah, mengunjungi peninggala­kebudayaan masa lalu, mengenali adat-istiadat suku-suku bangsa yang ada di tanah air dan lain sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook