06 April 2011

SENAM AEROBIK (LANJUTAN)

imageHakikat Senam Aerobik

Aerobik mempunyai pengertian yang lugs daripada gambaran sehari-hari. Pelopor aerobik adalah Dr. Kenneth Cooper pada 1960,

yang merupakan konsep latihan barn. Dr. Kenneth menjelaskan shwa latihan dengan rytme musik dan gerakan yang teratur, membuat tubuh dapat mengembangkan/ memompa oksigen dan meningkatkan denyut jantung/nadi. Dalam sistem aerobik tubuh akan ~enggunakan aerobik sebagai sasarannya.

Arti aerobik menurut kamus adalah "hidup dalam udara" atau "memanfaatkan oksigen". Aerobik clam arti sebenarnya adalah kegiatan, gerak badan atau olahraga, yang menuntut lebih banyak csigen untuk memperpanjang waktu dan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya, sehingga ,rtanggungjawab untuk transportasi lebih banyak oksigen. Dengan kata lain, latihan ini dilakukan clam keadaan yang tenang.

Macam-macam Latihan Senam Aerobik

Berdasarkan cara melakukan dan musik sebagai pengiringnya, senam aerobik dapat dibagi enjadi lima macam, antara lain sebagai berikut.

a. High impacct aerobics (senam aerobik aliran/gerakan keras)

b. Low impact aerobic (senam aerobik aliran/gerakan ringan)

c. Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan/disco) Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik keras dan ringan serta gerakan-gerakan rock n `roll)

d. Aerobic sport (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik keras dan ringan serta gerakan-gerakan kalestenik/kelentukan).

Manfaat Melakukan Latihan Senam Aerobik Manfaat melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut.

a. Dapat membakar lemak yang berlebihan di tubuh, meningkatkan daya tahan jantung dan paru, memperbaiki penampilan karena setiap gerakan dibuat untuk menguatkan, mengencangkan dan membentuk otot beberapa bagian tubuh tertentu, antara lain: pinggul, paha, pinggang, perut, dada, punggung, lengan, kaki dan lain-lain.

b. jika berlatih dengan intensitas tinggi dapat merupakan suatu program penurunan berat badan. Jika berlatih dengan ringan, terutama bagi yang bertubuh langsing atau kurus, akan meningkatkan nafsu makan. Jika berlatih dengan berat akan menekan rasa lapar, karena darah banyak beredar di daerah otot yang aktif clan bukan di daerah perut.

c. Mencegah penyakit-penyakit menyerang tubuh, karena sistem tubuh dalam keadaan balk, serta bisa menghilangkan kebiasaan buruk misalnya merokok.

Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan atau olahraga lainnya.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook