23 November 2011

ayo !! semangat berolah raga

Ketika semangat untuk berolahraga datang, kita akan mempersiapkan segala sesuatunya. Pakaian, sepatu, alat pendukung, mengajak teman, dan melakukan hal lainnya, tapi selalu saja berakhir dengan lebih tertarik untuk jajan di tempat olahraga atau sudah memulainya dengan cukup baik, tapi kembali ditinggalkan. Akhirnya, setiap akan kembali memulai selalu terasa sulit. Berikut beberapa tips bagi Anda untuk kembali berolahraga dengan rutin, tanpa beban dan bersemangat.
  1. Jangan berhenti
  2. Jika Anda ingin membiasakan untuk terus untuk berolahraga, cobalah untuk menghindari masa jeda yang terlalu lama. Jika ini terjadi, Anda akan menjadi lebih sulit membangun kembali kebiasaan tersebut. Tapi jika Anda sudah mulai membiasakan diri, jangan tinggalkan kebiasaan Anda tersebut begitu ada sedikit kesulitan untuk mengatur waktu saat-saat berolahraga Anda.
  3. Jangan menghitung
  4. Demi untuk membiasakan diri, Anda akan menghabiskan segala daya upaya untuk memulainya. Jadi, jangan dulu mengukur sejauh mana Anda telah melakukannya seperti menghitung berat atau sudah berapa putaran Anda berlari.
  5. Berkomitmen
  6. Anda memerlukan hal yang satu ini dalam hal kecil sekalipun. Jangan dibuat terlalu sulit bagi diri Anda sendiri. Komitmen awal cukup untuk melakukannya walaupun hanya sekira 20 menit selama 1 bulan. Tapi hal ini akan membuat kebiasaan berolahraga menjadi lebih solid. Dengan komitmen awal ini, Anda tidak perlu lagi menjadi bingung dengan apa yang harus Anda lakukan untuk memulainya.
  7. Buat segalanya menjadi menyenangkan
  8. Tidak ada teman atau tempat Anda berolahraga tidak nyaman? Jangan menjadikan ketidaknyamanan menjadi alasan Anda untuk berhenti berolahraga. Cobalah mengajak sahabat, keluarga atau pasangan. Jika beberapa olahraga terasa membosankan, cobalah untuk melibatkan diri dalam olahraga permainan seperti futsal atau basket. Jika alasannya adalah arena yang membuat Anda merasa tidak nyaman, masih banyak tempat-tempat berolahraga yang menawarkan kenyamanan bagi Anda.
  9. Membuat jadwal
  10. Tentu saja jangan menentukan saat berolahraga Anda di waktu-waktu yang mudah terganggu oleh sesuatu yang lebih penting. Anda sendiri sudah mengetahuinya bahwa pagi hari atau sore disaat Anda selesai beraktivitas adalah waktu yang sangat tepat untuk berolahraga.
  11. Ajak teman Anda
  12. Sama seperti untuk mengatasi masalah bosan dan ketidaknyamanan, dengan mengajak orang-orang terdekat untuk berolahraga, Anda akan semakin bersemangat untuk terus melakukannya.
  13. Tandai kalender Anda
  14. Selain cara ini akan bisa menunjukkan berapa lama kegiatan workout Anda berjalan, menandai kalender akan menjadi reminder untuk memotivasi Anda agar terus melakukannya dan merasa sayang jika harus meninggalkannya.
  15. Menikmati lebih dulu
  16. Maksudnya adalah ketika Anda telah melakukannya, cobalah untuk memilah bagian apa yang Anda sukai dan mana yang tidak dari kegiatan olahraga Anda. Hindari apa yang tidak Anda sukai, selebihnya terus lakukan. Dengan fokus hanya pada hal yang Anda sukai, Anda akan lebih merasa nyaman untuk menjalankannya.
  17. Sebuah ritual
  18. Jadikan olahraga rutin Anda sebuah ritual yang sangat penting, sehingga begitu saatnya tiba bagi Anda untuk melakukan workout, Anda akan segera melaksanakannya tanpa menunda-nunda lagi. Jika Anda melakukannya dengan random, akan menjadi sulit untuk menjadikannya sebagai salah satu rutinitas penting.
  19. Obat stres
  20. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan stres Anda. Caranya adalah karena pada saat Anda berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat mood Anda menjadi lebih baik. Jika Anda stres, cobalah untuk melakukan sedikit gerak badan yang Anda sukai. Jika pelepasan stres ternyata lebih menyenangkan dengan melakukan olahraga akan lebih mudah lagi bagi Anda untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan.
  21. Mengukur kebugaran
  22. Berat badan Anda bukanlah tolak ukur dalam kesuksesan karena akan terjadi peningkatan otot selain penurunan lemak, sehingga mungkin tidak akan ada perubahan. Tapi kondisi tubuh yang fit adalah alasan yang kuat untuk terus termotivasi. Mencatat berapa kali Anda bisa melakukan push-up atau sit-up dan seberapa cepat Anda mampu berlari akan menjadi hal yang menyenangkan karena Anda akan mengetahui sekuat dan secepat apa Anda.
  23. Sampingkan dahulu perlengkapan
  24. Perlengakapan olahraga yang bagus tidak bisa menjamin untuk Anda memiliki kebiasaan. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika mereka memiliki perlengkapan yang memadai akan membuat mereka menjadi lebih semangat, namun pada kenyataannya tidak. Berusahalah untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan terlebih dahulu, sehingga Anda tahu apa yang Anda butuhkan, setelah itu silahkan Anda berbelanja.
  25. Perbaiki kelemahan Anda
  26. Jika Anda sering melakukan kesalahan pada saat berolahraga, coba temukan penyebabnya. Apakah Anda menikmati saat berolahraga Anda? Apakah suasana Gym justru mengganggu Anda atau tidak terbiasa dengan alatnya? Setelah Anda menemukan jawabannya, Anda akan bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.
  27. Mulai dengan mudah
  28. Jangan memulai membangun kebiasaan Anda dengan latihan yang terlalu berat seperti lari berkilo-kilo misalnya. Mulai sesuai dengan kapasitas yang rendah di minggu-minggu awal agar Anda tidak merasa malas untuk melakukannya lagi.
  29. Lakukan untuk diri Anda sendiri
  30. Pastikan bahwa Anda melakukannya bukan untuk bergaya, mendapatkan pujian, atau hal-hal lain semacamnya. Tapi jika Anda berolahraga untuk "bersenang-senang", Anda akan bisa terus melakukannya meskipun hasilnya tidak akan cepat terlihat.
      Jika saat ini kendala Anda untuk melakukan olahraga termasuk pada beberapa hal tersebut diatas, mudah-mudahan Anda bisa mengatasi kendala-kendala yang Anda hadapi dan akan bisa melakukan kegiatan olahraga dengan lebih baik lagi.
      Selamat mencoba.