23 November 2011

tips mengurangi rasa nyeri saat berolah raga

Rasa nyeri dan sakit badan saat pertama kali berolahraga banyak dirasakan oleh sejumlah orang, mungkin Anda juga salah satu yang mengalaminya. Akibatnya mereka jadi enggan untuk kembali berolahraga karena tidak ingin merasakan sakit lagi pada badannya, padahal olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh mereka.
      Jangan kapok bila Anda pernah mengalami hal tersebut, apalagi bila sampai memutuskan untuk berhenti berolahraga. Rasa sakit pada badan atau nyeri di bagian sendi setelah berolahraga untuk pertama kalinya sebenarnya merupakan masa adaptasi pada otot agar menjadi lebih kuat lagi ke depannya. Saat Anda berolahraga untuk pertama kali, otot akan mengalami stres fisik. Hal itu ditandai dengan rasa nyeri atau sakit pada badan ataupun sendi yang merupakan hal lumrah terjadi pada tahap awal seseorang memulai sebuah program seperti berolahraga tadi
.
      Berolahraga sebenarnya merupakan sebuah pengujian terhadap kekuatan tubuh serta otot sehingga akan membuat ketegangan pada serat otot. Setelah itu, tubuh Anda akan meresponnya dengan memicu sintesis otot baru yang akan membuat otot tumbuh lebih kuat serta nantinya membuat Anda mampu menghadapi beban yang lebih besar. Otot-otot ini kemudian akan didorong untuk bertahan setiap ada penambahan beban kerja, yang membuatnya stres sehingga menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Inilah yang sebenarnya terjadi saat Anda berolahraga untuk pertama kali atau mencoba melakukan olahraga lebih berat dibandingkan dengan yang biasa Anda lakukan sebelumnya.
      Rasa nyeri pada otot atau sakit pada badan ini biasanya akan terasa dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah olahraga tersebut dilakukan. Kondisi yang dikenal dengan nyeri otot tertunda (Delayed Onset Muscle Soreness/DOMS) ini merupakan sesuatu yang normal terjadi, namun jangan dijadikan halangan untuk berolahraga lebih giat. Justru sebaliknya Anda seharusnya semakin semangat berolahraga dan tidak patah semangat, karena dengan begitu lama-kelamaan otot-otot Anda akan menjadi semakin kuat dan mampu menerima beban latihan yang lebih berat lagi.
      Untuk mengatasi rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang terjadi pada badan setelah berolahraga untuk pertama kali, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti melakukan pemijatan di bagian yang sakit atau mengompres bagian tersebut dengan es. Selain itu, Anda juga bisa melakukan peregangan setelah berolahraga atau menggunakan obat anti peradangan untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Peregangan setelah olahraga atau disebut juga dengan "pendinginan" berguna untuk mengembalikan otot Anda yang terus-menerus berkontraksi dan menegang saat berolahraga menjadi rileks dan kembali ke posisi yang normal. Cara lain, Anda juga dapat menambah waktu istirahat Anda lebih banyak dari biasanya sampai rasa nyeri Anda berkurang.
      Anda juga bisa melakukan beberapa cara sebelum olahraga tersebut dilakukan agar rasa nyeri yang timbul setelah berolahraga untuk pertama kalinya tersebut tidak terlalu terasa, yaitu dengan melakukan peregangan atau yang dikenal dengan stretching. Stretching merupakan salah satu cara untuk melenturkan otot serta membuat Anda siap berolahraga. Dengan demikian, otot Anda akan lebih lentur dan mampu beradaptasi dengan baik saat tubuh Anda melakukan gerakan olahraga yang berat atau cenderung agak ekstrim. Selain itu, stretching juga akan mengurangi resiko cedera otot saat berolahraga.
      Saat berolahraga pertama kali, Anda juga harus mengatur "ritme" latihan dengan melakukan gerakan-gerakan yang ringan saja. Setelah otot Anda "panas" dan telah siap, Anda dapat meningkatkan intensitas serta frekuensi gerakan yang Anda lakukan. Jadi, jangan berhenti berolahraga hanya karena Anda mengalami rasa nyeri, karena manfaat yang Anda peroleh akan jauh lebih besar dibandingkan rasa nyeri sementara yang Anda derita. Selamat berolahraga.