09 Januari 2012

Persiapan Sebelum Renang

Berenang adalah latihan bagi kesehatan jantung yang menggerakkan bagian abdominal, tangan otot gluteus, otot lutut, dan quadriceps. Sangat bagus untuk membangun stamina, dan bentuk otot. Tujuan renang yang paling umum adalah sebagai rekreasi.
Renang rekreasi berguna untuk melegakan diri penghilang stress, dan sebagai sarana pengikat hubungan keluarga. Tentunya aktifitas renang tidak ingin mengecewakan Anda. Bagaimana agar Anda dapat merasakan renang yang nyaman dan aman.

Berikut tips persiapan sebelum renang untuk Anda.

  1. Pakai sun block, jangan lupakan yang 1 ini jika Anda tidak ingin hitam. Jika Anda berenang di pagi hari tidak menggunakan sun block pun tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah jika Anda berenang di siang hari. Pilih yang mengandung spf 30 karena memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit.

    Selain itu gunakan sun block yang memiliki spectrum yang cukup lebar yang mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Selain itu hindari sun block yang mengandung Oxybenzone jika Anda berenang siang hari karena oxybenzone merupakan racun yang dimiliki penahan sinar matahari (sunscreen) yang notabene merupakan penyebab kanker kulit. Lebih baik gunakan sunscreen yang berbahan Zinx Oxide atau Titanium Oxide
  2. Lakukan pemanasan dan pendinginan. Sebelum memulai renang ada baiknya Anda lakukan pemanasan, bisa dengan melakukan jalan-jalan atau lari-lari kecil di pinggiran kolam. Atau gerakan peregangan lainnya. Sekitar 5 sampai 10 menit dan menyesuaikan detak jantung.

    Jika sudah usai untuk pendinginan jangan langsung mandi. Tutup latihan keras dengan renang beberapa menit atau keluar dari kolam dan berjalan di sekitar kolam sampai detak jantung kembali normal.
  3. Alat renang jangan dilupakan. Misalnya kacamata renang atau google, hal ini bertujuan untuk menghindari mata merah karena air kolam.
  4. Baju renang. Mungkin Anda merasa risau berenang. Karena Anda bingung harus mengenakan baju renang yang seperti apa yang pantas untuk tubuh Anda. Kalau Anda memiliki dada yang kecil tetapi pinggul besar, pilih baju renang yang bercorak ramai. Karena dapat memberikan kesan lebih penuh pada dada Anda.

    Bila Anda berdada kecil dan berkaki pendek Anda bisa menutupinya dengan baju renang two pieces dan tambahan busa serta kawat. Jika Anda berdada besar dan perut besar, sebaiknya Anda menyamarkan kedua bagian tersebut dengan mengenakan baju renang one pieces.

    Jangan memilih baju renang bermotif karena akan membuat terlihat semakin membesar. Pilihkan motif polos dan berwarna gelap. Jika perut, pinggul dan bokong Anda besar, pilihlah baju renang model two pieces.
  5. Jika Anda membawa anak kecil. Jangan tinggal anak Anda sendirian dan bermain pada kolam yang lebih kecil. Tentunya kegiatan berenang adalah kegiatan yang dapat bersama-sama dinikmati oleh keluarga dan berenang merupakan cara yang paling baik untuk mempertemukan anak dengan orang tua.

    Sesekali Anda perlu juga berenang dan mengajak Anda untuk berenang di kolam yang dangkal. Sasarannya umumnya adalah membuat anak menikmati berada di dalam air dan bergerak bebas mundur, maju, dan ke samping, tengadah, telungkup.

    Anda pasti akan melihat reaksi yang menggemaskan dari anak Anda. Kalau Anda tipe orangtua yang tidak sabar, segeralah beri anak Anda pelampung, dan bawa dia ke kolam besar, kalau perlu latih agar dia terbiasa untuk berenang di sana.
Catatan penting untuk orangtua : jika membawa anak kecil, jangan biarkan anak Anda membuang air kecil atau buang besar di dalam air. Karena dari sedikit feses yang keluar dapat menimbulkan berbagai macam penyakit menular kepada orang lain. Yang paling utama, jangan berenang dalam keadaan sakit. Sebaiknya Anda membantu pencegahan penyakit juga untuk orang lain. Selamat berenang yang sehat dan nyaman.