11 Mei 2012

Istilah dalam olahraga sepak bola

Daftar Istilah Sepak Bola
Semua istilah yang digunakan dalam daftar istilah ini didefinisikan sesuai penerapannya dalam permainan sepak bola.

Babak permainan. Pertandingan sepak bola selalu dibagi menjadi dua babak. Waktu jeda di antara babak babak satu dan babak dua disebut "istirahat".
Bek. Pemain bertahan.
Bendera sudut (bendera sudut). Bendera yang diikat di sebuah tiang yang tepat berada di sudut-sudut lapangan. Bendera yang mudah dilihat dari jauh itu berfungsi menunjukkan batas maksimum bidang permainan. Ketinggian minimal bendera itu adalah 1,52 meter.

Bola aktif. Posisi bola yang masih di dalam lapangan dan masih dimainkan oleh pemain tanpa dihentikan oleh wasit.
Bola dalam. Posisi bola yang masih berada di dalam lapangan.
Bola jatuh. Wasit menjatuhkan bola di antara dua pemain untuk melanjutkan pertandingan yang terhenti karena suatu sebab. Pemain-pemain itu tak boleh menendang sebelum bolanya menyentuh tanah.
Bola keluar. Bola bergulir ke luar lapangan.
Bola. Bola dalam sepak bola memiliki tiga ukuran, yaitu 3, 4, dan 5. Besar­kecilnya bola disesuaikan dengan usia pemain. Bola resmi dibuat dari pol_ pola segi lima berwama putih dan hitam yang dijahit menjadi sate.
Busur konsentrasi. Suatu daerah yang berawal dari tiang gawang hingga ke sudut kotak gawang dan daerah kotak penalti hingga ke garis pinggir. Di daerah inilah biasanya gol-gol terjadi. Pemain belakang harus menghalau bola dari daerah ini.
Busur penalti. Lingkaran khayal di luar pusat titik penalti. Lingkaran ini bukan termasuk di dalam daerah penalti, namun pemain harus menjauhi daerah ini ketika sedang dilakukan tendangan penalti. Mereka harus menjaga jarak minimal 10 meter dari titik tendangan.
Busur pojok. Tanda berupa seperempat lingkaran yang ada di keempat sudut lapangan. Bola yang ditendang melampaui garis gawang oleh tim yang bertahan akan ditendang dari sudut itu untuk melanjutkan permainan.
Celana pendek. Celana yang dipakai pemain sepak bola. Warna Celana pendek itu bisa sama atau kontras dengan baju yang dipakai pemain.
Cone (Pancang kerucut). Alat yang terbuat dari plastik, berbentuk lancip di bagian atasnya, dan digunakan untuk menandai suatu area. Cone biasanya berwarna cerah, misal jingga.
Daerah flank. Daerah di luar lapangan yang dekat dengan garis pinggir.
Daerah gawang. Daerah di depan gawang yang diberi garis khusus. Panjang maksimumnya 18 meter dan lebar maksimumnya 5,5 meter.
Daerah kosong. Titik atau daerah yang berada di belakang pemain.
Daerah penalti. Daerah di depan gawang yang merupakan batas terluar yang memungkinkan penjaga gaNNang menyentuh bola dengan kedua tangannya.
Z~11
Panjang maksimum daerah penalti adalah 40 meter, sedangkan lebar maksimumnya adalah 16 meter.
Drop kick. Gerakan penjaga gawang yang menjatuhkan bola lalu menendangnya setelah bola itu memantul di tanah.
FIFA. Federation Internationale de Futbol Association. Badan resmi internasional yang mengatur masalah permainan dan peraturan sepak bola.
Football. Nama resmi permainan sepak bola yang paling lazim digunakan di sefurLih dunia, kecuali di Amenka Serikat dan Kanada (yang menggunakan istilah "soccer").
Formasi. Penempatan pemain di lapangan. Formasi pemain ditandai menurut posisi setiap pemain di lapangan. Penempatan pemain selalu dimulai dari posisi para pemain gelandang belakang. Penjaga gawang tidak termasuk di dalam formasi ini. Jumlah pemain dalam formasi tidak boleh melebihi 10. Sebagai contoh, formasi 4-3-3 berarti 4 pemain belakang, 3 gelandang tengah, dan 3 pemain penyerang.
Garis batas luar. Garis-garis di lapangan yang menandai batas luar bidang permainan. Lebar maksimum garis batas ini 12,5 cm.
Garis gawang. Garis di ujung lapangan yang menandai batas terjauh kedua ujung lapangan.
Garis pinggir. Garis memanjang di kiri dan kanan lapangan yang merupakan batas terluar lapangan. Garis pinggir juga disebut garis tepi.
Garis tengah. Garis yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar. Lingkaran tengah ditempatkan di garis ini.
Gawang dekat. Tiang gawang yang berada, paling dekat dengan bola.
Gawang. Daerah di kedua ujung lapangan dengan panjang maksimum 7,32 meter dan lebar maksimum 5,49 meter, dan tinggi maksimum 2,44 meter. Tepi depan gawang tetap sejajar dengan garis gawang. Bagian belakang gawang ditutup dengan faring yang berfungsi menghentikan bola yang berhasil menernbus gawang.
Gelandang tengah. Pemain yang berada, di antara gelandang belakang dan pemain penyerang.
Giringan cepat. Menggiring bola di lapangan dengan cepat sebelum tim lawan dapat melakukan reaksi.
Hakim garis. Pembantu wasit yang tugasnya mengawasi garis pinggir dan memberikan isyarat setiap, kali terjadi offside. Petugas ini akan cepat-cepat mengangkat benderanya setiap kali terjadi pelanggaran.
Hambatan. Jika pemain menggunakan tubuhnya untuk menghalangi pemain lain. Ini sebuah pelanggaran.
Hand ball. Pelanggaran yang terjadi karena pemain menyentuh bola dengan Langan atau lengannya, saat berada di lapangan.
Hat trick. Tiga gol (minimum) yang diciptakan seorang pemain dalam sebuah pertandingan.
Istirahat. Waktu di antara babak pertama clan babak kedua. Jeda waktu ini dapat dimanfaatkan para pemain untuk menyimak petunjuk pelatih, beristirahat­dan minum. Lamanya jeda permainan ini bervariasi antara, 5 hingga 15 menu tergantung usia pemain.
Jam pertandingan. Hitungan waktu resmi yang menandai awal clan akhir pertandingan. Wasit yang berwenang menghitung waktu permainan.
Jaring. Anyaman tambang yang menutupi bagian belakang dan samping
gawang. Anyaman itu tembus pandang, namun mampu menahan laju bola yang menembus gawang.
Juggling. Menenclang bola terus-menerus ke atas dengan kepala atau paha.
Kartu kuning. Sebuah kartu berwarna kuning seukuran kartu remi yang digunakan wasit sebagai peringatan kepada pemain dan timnya, jika pemain yang bersangkutan melakukan pelanggaran. Pemain yang mendapatkan dua kartu kuning secara otomatis akan mendapatkan kartu merah alias diusir keluar lapangan.
Kartu merah. Sebuah kartu berwarna merah seukuran kartu remi, yang dipakai wasit untuk memberi tabu kepada pemain dan timnya, bahwa yang bersangkutan diusir keluar lapangan. Pemain itu tidak boleh digantikan pemain lainnya, dan oleh sebab itu tiro yang terkena kartu merah akan bertanding dengan jumlah pemain berkurang satu. Pemain yang terkena dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah.
Kaus kaki. Kaus yang menutupi kaki clan pelindung tulang kering pemain. Kaus kaki itu panjangnya mencapai bawah lutut. Warna kaus kaki bisa senada atau kontras dengan seragam.
Kaus. Kostum atau pakaian yang dikenakan pemain sepak bola. Warna kostum kedua tiro yang berlaga di lapangan harus berbeda. Penjaga gawang harus memakai kostum dengan warna yang lain untuk membedakannya dari pemain lapangan.
Kecolongan. Istilah yang digunakan ketika seorang pemain berhasil menendang bola melewati sela kaki pemain lawan. Bagi pemain yang tidak berhasil menahan bola itu, ini merupakan kejadian yang sangat memalukan.
Kecolongan. Kehilangan bola karena dicuri pemain lawan.
Kedudukan. Penempatan pemain di dalam formasi. Formasi yang baik adalah penempatan pemain yang merata di seluruh lini lapangan.
Keluar lapangan. Pemain meninggalkan lapangan. Pemain tak boleh memasuki atau meninggalkan lapangan tanpa izin resmi dari wasit.
Kemenangan. Berhasil mengalahkan tim lawan.
Keseimbangan. Cara tim menyikapi gerak-gerik tim lawan—dengan kata lain, taktik permainan sebagai reaksi terhadap permainan lawan.
Keterampilan. Aksi yang diperlukan untuk melakukan permainan sepak bola.
Kickoff Metode yang digunakan untuk memulai lagi pertandingan setelah salah satu tim berhasil mencetak gol.
Kiper. Nama lain penjaga gawang.
Kura-kura kaki. Bagian kaki yang mengoper bola, dan biasanya adalah sisi dalam punggung kaki.
Lapangan. Daerah berupa tanah lapang yang diberi tanda atau garis batas tertentu untuk keperluan permainan sepak bola. Pertandingan sepak bola internasional dilakukan di lapangan yang luasnya 100 sampai 110 meter kali 64 sampai 75 meter.
Lari. Gerakan pemain yang berpindah tanpa bola menuju ke posisi yang lain.
Latihan. Praktik dasar yang diperlukan untuk membentuk pemain sepak bola yang terampil.
Lawan. Tim yang bermain melawan tim Anda.
Lebar lapangan. Lebar total lapangan (yang ditandai oleh kedua garis pinggir).
Lemparan ke dalam. Metode untuk memulai lagi pertandingan ketika bola bergulir keluar lapangan melintasi garis pinggir. Bola itu dilempar oleh tim yang tidak menyebabkan bola keluar lapangan.
Lemparan masuk. Melemparkan bola dari arch luar lapangan langsung ke depan gawang.
Lingkaran tengah. Daerah di pusat lapangan yang digunakan untuk memulai pertandingan (kickofj). Kickoff dimulai pada awal babak pertama dan babak kedua. Titik ini juga digunakan untuk memulai lagi pertandingan setelah salah satu tim berhasil mecetak gol. Tim lawan tidak dibenarkan memasuki lingkaran tengah sebelum bola disentuh oleh tim yang melakukan kickoff. Ukuran maksimum jari-jari lingkaran tengah adalah 9,15 meter.
Manajer. Asisten khusus pelatih yang bertugas memanggil pemain, mengurusi masalah administrasi, mengatur transportasi pemain, dan sebagainya.
Masuk lapangan. Pemain kembali memasuki lapangan dengan seizin wasit. Ini terjadi pada saat dilakukan lemparan ke dalam atau tendangan gawang. Pemain tidak boleh memasuki atau meninggalkan lapangan tanpa izin resmi dari wasit.
Melanjutkan pertandingan. Perintah wasit agar kedua tim ter-us bermain. Perintah ini akan diberikan setiap kali pelatih memberlakukan peraturan menguntungkan.
Melewati. Berlari mendahului pemain lain.
Memanfaatkan lebar lapangan. Penyebaran pemain di seluruh lapangan dalam formasi. Formasi yang baik adalah penempatan pemain secara merata di seluruh lapangan hingga mencakup kedua garis pinggir.
Memantul. Ketika bola jatuh ke tanah dan memantul kembali ke udara.
Membayangi. Situasi yang terjadi ketika seorang pemain berhadapan satu lawan satu dengan pemain dari tim lawan.
Membentengi. Menjaga agar bola yang dikuasai tidak direbut pernain lawan. Pemain menjadikan tubuhnya semacam "perisai" untuk menghambat usaha pemain lawan merebut bolanya.
Mencekal. Memegang tubuh atau kostum pemain lain sehingga menghambat gerakannya.
Mencetak gol. Ketika bola berhasil ditendang melewati kedua tiang gawang clan melintasi garis gawang. Setiap kali bola berhasil menembus gawang akan mendapat skor satu.
Mencuri. Mengambil atau merebut bola dari kaki pemain lawan.
Mendukung. Ketika pemain mengambil posisi untuk memberi umpan atau dukungan kepada rekan pemain yang menguasai bola.
Menekan. Teknik menekan pemain lawan untuk menjauhkan mereka dari bola yang dikuasai atau diperebutkan. Menekan pemain lawan hanya boleh dilakukan dengan sisi dengan yang ditempelkan rapat di kedua sisi tubuh.
Pemain tidak dibenarkan menyikut atau menyodok dengan siku atau lengan yang mengarah keluar.
Menempel. Posisi bertahan yang dilakukan dengan cara menempatkan diri sedekat mungkin dengan tim atau pemain lawan.
Menendang. Memukul bola dengan Ujung kaki.
Menerima bola. Aksi pemain ketika menyambut atau menerima bola yang ditendang dari arah depan.
Menerobos. Situasi yang terjadi ketika seorang pemain berhasil melesat ke daerah gawang tanpa kawalan pemain-pemain lawan, sehingga tinggal berhadap-hadapan dengan penjaga gawang.
Mengarahkan bola ke lapangan tengah. Menendang bola dari pinggir ke tengah lapangan. Mengarahkan bola ke tengah biasanya dilakukan di dekat gawang tim lawan. Taktik ini akan mendekatkan bola ke busur konsentrasi, dan meningkatkan peluang tim dalam mencetak gol.
Menggiring. Menggerakkan bola dengan kaki sambil terns mengontrolnya. 
Menghalau. Membuang bola dari daerah berbahaya secepat mungkin.
Mengolah bola. Memainkan bola.
Mengumpan. Mengoperkan bola kepada pemain lain.
Menjebak bola. Menghentikan bola dengan kaki.
Menjebak. Menghentikan laju bola untuk mengontrolnya. Dapat dilakukan dengan kaki, dada, paha, dan sebagainya, kecuali tangan.
Menjegal. Pelanggaran besar yang dilakukan dengan menyerang pemain lawan secara frontal.
Menubruk. Berlari ke arah seorang pemain (lawan) dan menabraknya. Ini merupakan pelanggaran.
Menyerang. Upaya mencetak gol oleh pemain yang sedang menguasai bola. Ini bisa dilakukan secara perseorangan maupun secara tim.
Mistar gawang atas. Mistar gawang. yang terletak di antara kedua tiang gawang. Bagian ini selalu dicat putih.
Pemain lapangan. Semua pemain, kecuali penjaga gawang.
Pemain penyerang. Pemain yang tugas utamanya adalah mencetak gol, dan posisinya paling dekat dengan gawang tim lawan.
Pemain sayap. Istilah untuk menyebut pemain depan yang berada di kiri dan kanan lapangan (pemain sayap luar). Juga bisa dipakai untuk menyebutkan pemain mana saja yang berada pada posisi di luar (gelandang tengah atau gelandang belakang).
Pemain. Orang yang terlibat dalam pertandingan sepak bola.
Pembantu wasit (hakim garis). Orang yang membantu wasit, bertugas mengawasi garis pinggir dan memberikan isyarat setiap terjadi offside. Petugas ini menggunakan sebuah bendera kecil yang dikelebatkan sedemikian rupa sehingga terdengar bunyinya, sehingga isyaratnya dapat dilihat sekaligus didengar.
Penataan. Penempatan para pemain di lapangan. Posisi para pemain harus seimbang. ,
Penghadang. Nama untuk bek yang berada di depan bek lainnya, dan berada paling dekat dengan garis tengah lapangan. Penghadang biasanya ditempatkan untuk membedakan pemain lawan dari pemain kawan.
Penguasaan. Saat pemain atau tim Anda menguasai bola.
Penjaga gawang (kiper). Pemain yang mencegat atau menyergap bola yang ditendang ke arah gawang. Aksi penjaga gawang yang berhasil menangkap bola berbahaya itu disebut penyelamatan. Penjaga gawang boleh menggunakan tangannya ketika dia berada di dalam daerah atau kotak penalti. Penjaga gawang harus memakai kostum berwana lain untuk membedakannya dari pemain yang lain.
Penyapu. Bek yang berada pada lini belakang dan bermain di depan penjaga gawang.
Penyelamatan. Setiap aksi atau tindakan penjaga gawang untuk mencegah jangan sampai bola menjebol gawangnya.
Peralatan. Segala jenis peralatan yang dibutuhkan pemain atau pelatih pada saat menjalankan latihan atau bertanding.
Peraturan dan tata-tertib. Aturan tambahan persepakbolaan yang berlaku secara lokal.
Mulai lagi. Melanjutkan permainan yang terhenti karena terjadi hambatan atau pelanggaran.
Mulai. Awal permainan pada babak pertama atau kedua.
Offside. Jika seorang penyerang berada di depan gawang tanpa dikawal seorang bek (dan penjaga gawang) tim lawan, clan mendapat operas bola dari rekan timnya.
Ofisial. Wasit dan pembantu wasit, yang bertanggung jawab mengendalikan dan mengatur jalannya pertandingan.
Operan ke tengah. Mengoper bola dari sisi luar ke tengah lapangan. Operan maju. Mengoper bola ke depan menuju ke gawang lawan.
Operan tembus. Mengoper bola agar dapat menembus pertahanan lawan menuju ke ruang terbuka di lapangan. Taktik ini dipakai untuk menempatkan seorang pemain ke belakang garis pertahanan lawan.
Pagan. Para pemain yang berjajar rapat di depan gawang untuk menghalangi bola menembus gawang.
Pantulan dada. Ini terjadi ketika bola memantul dari dada pemain clan jatuh ke kakinya sehingga dapat dimainkan.
Pantulan. Gerakan bola yang menerpa tubuh pemain lain lalu memantul.
Pelanggaran berat. Pelanggaran terhadap peraturan yang membahayakan pemain lain di lapangan.
Pelanggaran ringan. Pelanggaran peraturan yang tidak membahayakan pemain lain.
Pelanggaran. Pelanggaran terhadap peraturan. Ada dua jenis pelanggaran dalam permainan sepak bola: pelanggaran ringan dan berat.
Pelatih. Orang yang bertanggung jawab melatih tim dan mengarahkan gerakan seluruh pemain pada saat pertandingan.
Pelindung tulang keying. Alat pelindung yang diselipkan di balik kaos kaki pemain untuk melindungi tulang keringnya dari terjangan kaki pemain yang lain.
Pemain bertahan. Pemain yang tugas utamanya menjaga daerah gawang (tetapi bukan penjaga gawang).
Peraturan menguntungkan. Peraturan sepak bola yang memperbolehkan seorang pemain atau sebuah Ora tetap melanjutkan permainannya setelah tim lawan melakukan pelanggaran. Wasit mentolerir kesalahan ini agar tidak merugikan pemain atau tim yang sedang menguasai bola.

Peraturan tambahan. Peraturan-peraturan tambahan yang dibuat oleh liga sepak bola, dan biasanya berlaku secara lokal.

Peraturan. Peraturan tentang tata laksana permainan dan perilaku pemain dalam pertandingan sepak bola.

Pergantian. Mengganti pemain di lapangan dengan pemain lain yang masih berada di luar lapangan. Pergantian pemain bisa dilakukan pada saat permainan dimulai lagi, dan harus dengan persetujuan wasit.
Permainan berbahaya. Tindakan pemain di lapangan yang berpotensi mencederai pemain lainnya
Perpanjangan waktu. Ini akan terjadi jika ada pemain yang cedera, sehingga permainan harus dihemikan. Waktu permainan yang hilang itu akan digami, dan ini diputuskan berdasarkan kebijakan wasit.
Pertahanan. Tindakan yang diambil untuk melindungi gawang dan mencegah jangan sampai tim lawan berhasil mencetak angka.
Pertandingan. Permainan sepak bola yang sesungguhnya.
Piala Dunia. Pertandingan sepak bola internasional yang digelar empat tahun sekali, melibatkan tim-tim profesional dari seluruh negara peserta di dunia. Inilah perhelatan olahraga paling akbar di dunia, yang langsung diawasi oleh FIFA.
Pitch. istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebutkan lapangan bola. 
Poin. Angka yang diberikan setiap, kali ada tim yang berhasil mencetak gol.
yang
Setiap gol diberi angka satu.
Posisi apit. Posisi pemain yang tepat di sebelah kanan atau kiri pemain lain yang mengusai bola.
Praktik. Program latihan yang diialankan umuk mengondisikan pemain, menggembleng mereka, dan memperkenalkan mereka pada aspek-aspek permainan sepak bola.
Ruang terbuka. Daerah terbuka di lapangan yang tidak dijaga pernain lawan.
Satu sentuhan. Langsung menendang, mengoper, atau menembakkan bola tanpa menggiringnya terlebih dahulu.
Sayap. Daerah luar lapangan di dekat garis pinggir.
Sentuhan. Gerakan kaki yang benar ketika menyentuh clan mengontrol bola.
Sepatu. Sepatu bola didesain khusus untuk memudahkan pemain berlari, menendang, clan menggiring bola tanpa terpeleset di lapangan rumput. Sol sepatunya didesain khusus dengan dua baris "paku" yang memberi daya cengkeram bagi sepatu itu di atas rumput.
Seperempat lingkaran. Tanda seperempat lingkaran yang dibuat di keempat suclut lapangan. Bola yang keluar lapangan melewati garis gawang setelah terakhir disentuh oleh pemain tim yang bertahan akan clitenclang dari suclut lapangan untuk melanjutkan permainan.
Seragam. Kaus, celana pendek, clan kaus kaki dengan warna clan corak yang sama, yang dipakai oleh seluruh anggota tim (kecuali penjaga gawang).
Serangan bahu. Taktik menekan tubuh pemain yang menguasai bola dengan cara "memepet" mereka dengan bahu. Kedua lengan pemain yang menekan pemain lawan harus lures menempel kedua sisi tubuh, dan tekanan itu harus dilakukan secara konstan.
Serangan. Aksi menggerakkan dan mengarahkan bola dengan tujuan membobol gawang lawan dan mencetak angka.
Seri. Permainan yang berakhir dengan skor seimbang. Sisi dalam. Panjang lapangan dari ujung ke ujung.
Sisi gawang. Istilah yang umum dipakai oleh pemain yang bertugas menjaga daerah gawang, ketika mereka berdiri membelakangi gawang. Mereka selalu menempatkan diri di antara gawang dan penyerang dari tim lawan. Posisi bertahan yang tepat adalah menghadang penyerang lawan dengan membelakangi gawang. Pada posisi ini mereka disebut bermain atau berada di sisi gawang.
Skor. Angka yang diperoleh masing-masing tim. Setiap gol bemilai sate angka. Strategi. Rancangan yang dipilih untuk memenangkan permainan. Sundulan. Teknik mengarahkan atau menangkis bola dengan kepala.
Tackle luncur. Jika pemain menggeser bola ke samping atau menjulurkan kaki ke arah bola tanpa menyentuh kaki pemain lawan.
Tackle. Ketika pemain menyorongkan kakinya untuk merebut bola dari pemain lawan.
Teknik. Aksi yang digunakan agar pemain paham dan dapat berpartisipasi secara, penuh di dalam pertandingan.
Tembakan. Bola yang ditendang ke arah gawang oleh tim penyerang.
Tendangan bebas. Tendangan yang dihadiahkan kepada tim yang menjadi korban pelanggaran.
Tendangan bebas langsung. Tendangan yang dilakukan setelah terjadinya pelanggaran berat. Tendangan langsung akan dilakukan jika wasit memberi isyarat dengan cara menunjuk lurus ke gawang. Bola boleh ditendang langsung
Z~
ke gawang, dan jika masuk, tim penyerang akan mendapatkan angka
Tendangan bebas tidak langsung. Digunakan untuk menyebutkan tendangan yang dihadiahkan kepada tim yang terkena pelanggaran ringan. Wasit mengisyaratkan tendangan tidak langsung dengan mengangkat lengannya lurus ke atas. Bola diarahkan ke gawang secara tidak langsung. Maksudnya, bola itu harus diumpankan kepada pemain lain yang akan menyelesaikan umpan itu dengan menendangnya langsung ke gawang.
Tendangan chip. Bola yang ditendang dan melambung ke udara melewati kepala pemain lawan. Tendangan ini biasanya dimaksudkan sebagai operan atau tembakan langsung ke arah gawang.
Tendangan gawang. Metode yang digunakan untuk memulai lagi pertandingan setelah bola keluar lapangan melewati garis akhir setelah terakhir disentuh oleh tim penyerang. Tim yang menjaga gawang akan menempatkan bola di kotak gawang dan menendangnya jauh-jauh dari kotak penalti.
Tendangan pelangi. Teknik menendang bola yang dimulai dengan menempatkan bola di antara, kedua kaki, lalu salah satu kaki akan mengarahkan bola ke belakang tumit. Selanjutnya bola akan ditendang ke atas dari belakang tubuh pemain. Bola akan melambung melewati kepala menuju ke depan tubuh pemain, dan gerakannya membentuk pelangi.
Tendangan penalti. Tendangan ke arah penalti yang diakibatkan oleh pelanggaran berat yang terjadi di dalam daerah penalti oleh tim yang menjaga gawang. Bola diletakkan pada titik penalti dan salah satu pemain dari timyang menjadi korban pelanggaran memasuki daerah penalti untuk melakukan eksekusi, sementara penjaga gawang dibolehkan berada di daerah gawang.
Tendangan salto. Tendangan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh pemain bola kawakan. Pemain setengah melayang di udara dengan kedua kaki terangkat. Tendangan dilakukan sambil salto di udara. Kaki menendang bola saat kepala pemain berada di bawah.
Tendangan setengah volley. Gerakan menendang bola yang memantul dari tanah. Tendangan ini dilakukan dengan cara menjulurkan kaki dan lutut secara, lurus untuk menendang bola yang melambung (seperti lengan pemain voli yang lurus ketika memukul bola voli). Tendangan ini akan menyebabkan bola mental dan berputar ke depan lalu bergerak turun
Tendangan sudut. Metode memulai lagi pertandingan setelah bola melewati garis gawang setelah disentuh oleh tim yang menjaga gawang.Tim tersebut menendang bola itu dari sudut lapangan untuk melanjutkan pertandingan.
Tendangan volley. Menendang bola ketika bola masih melayang di atas tanah. Tendangan volley dilakukan dengan mengangkat kaki dan paha lurus­lurus lalu menendang bola dengan posisi ujung kaki tidak ditekuk (hares kaku dan mengarah ke bawah). Tendangan ini akan menyebabkan bola memantul dan berputar ke depan sebelum akhirnya mengarah ke bawah
Tiang gawang. Dua tiang lurus yang menyangga mistar gawang. Kedua tiang gawang selalu dicat putih.
Tiang jauh. Tiang gawang yang jaraknya paling jauh dari posisi bola berada.
Time-out. Time-out terjadi ketika wasit menghentikan permainan. Wasit bisa melakukan hal ini jika terjadi cedera series yang dialami pemain.
Titik penalti. Tanda di dalam daerah penalti yang digunakan untuk melakukan tendangan bebas setelah terjadi pelanggaran di dalam daerah penalti. Jarak maksimum titik ini adalah 11 meter di depan garis akhir dan ditempatkan di tengah-tengah di antara kedua tiang gawang.
Titik tengah. Sebuah tanda berupa lingkaran atau tanda X yang berada tepat di pusat lingkaran tengah. Pada titik itulah bola akan diletakkan pada saat melakukan kickoff sebagai tanda pertandingan dimulai.
Umpan. Tindakan (biasanya mengoperkan bola) yang kemudian menghasilkan gol. Pemain yang memberikan umpan ini disebut pengumpan.
Usia. Digunakan untuk menunjukkan usia pemain. Kata "usia" ini selalu diikuti oleh angka. Sebagai contoh, Usia 6 (U-6) berarti pemain harus berusia di bawah eiiam tahun.
Wall pass. Teknik permainan melibatkan dua pemain yang Baling mengoperkan bola agar tidak direbut lawan. Juga disebut teknik umpan pantul;
Wasit. Orang di lapangan yang berwenang menegakkan peraturan permainan. Zona permainan. Daerah tertentu di lapangan yang harus dijaga oleh pemain.






ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook