11 Mei 2012

Istilah dalam olahraga bola voli

antena — Tangkai yang dipasang tegak lurus, ditempelkan pada jaring di atas masing­masing garis tepi lapangan. Antena berdiri tiga kaki di atas jaring, dan bola harus lewat di antara kedua antena ketika melintasi jaring agar dianggap sah dalam permainan. Jika bola menabrak antena atau melintasi jaring di luar keduanya, permainan dianggap berakhir.
as — Pukulan servis yang mencetak skor dengan cepat (pukulan servis yang tidak dapat diterima tim penerima servis).
assist — Pukulan umpan atau passing kepada seorang penyerang untuk mencetak skor dengan cepat.

bidang passing — Permukaan datar yang dibentuk oleh lengan bawah pemain ketika melakukan passing bawah. Tangan harus disatukan dengan ibu jari dan pergelangan tangan Baling menekan. Lengan harus rileks dan dijulurkan ke depan tubuh, mem­pertahankan suatu permukaan datar dengan lengan bawah untuk membantu memastikan bahwa bola mengarah ke sasaran.
blocking —Usaha tim bertahan untuk menghentikan atau memperlambat serangan lawan di area jaring. Blocking dapat melibatkan satu, dua, tiga pemain di depan penyerang yang menjulurkan kedua tangan mereka melebihi jaring.
bola bebas — Bola yang tidak diserangkan ke atas jaring dengan kuat, tetapi justru dilemparkan menggunakan passing atas atau passing bawah. Bola-bola bebas biasanya berada tinggi, lambat, dan dalam, yang memudahkan tim mengembalikannya.
bola hidup—Bola dianggap hidup ketika berada dalam permainan, yaitu dari saat bola dikontak secara sah pada saat servis sampai rally berakhir clan bola dinyatakan sebagai bola coati.
bola jatuh — Pukulan yang bukan merupakan serangan keras atau sebuah bola bebas. Pukulan ini dapat berupa pukulan yang dilakukan dengan posisi berdiri (daripada melompat) di bagian mana Baja untuk menempatkan bola ke dalam lapangan lawan. Disebut juga spike berdiri.
bola terpegang—Suatu pelanggaran yang terjadi ketika bola berhenti atau terpegang sebentar di tangan atau lengan pemain selama melakukan kontak.
daftar nama — Catatan semua pemain yang berhak bermain (nama clan nomor) dalam sebuah tim.
diggingTeknik yang digunakan oleh seorang pemain bertahan untuk menjaga, bola pukulan keras atau lambat agar kembali naik dan dapat dimainkan ketika pemain bertahan hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi clan menempatkan diri. Pemain bertahan biasanya akan menggunakan passing bawah atau suatu variasi dari passing ini untuk melakukan digging terhadap bola.
down the line —Serangan di mana bola dipukul dari garis tepi penyerang clan melaju lurus di sepanjang garis tepi lawan yang sama

errorKesalahan yang mengakibatkan diberikannya nilai kepada tim lawan. Para pemain dapat melakukan beragam jenis kesalahan selama pertandingan, seperti kesalahan servis, kesalahan dalam mengolah bola, kesalahan memukul, kesalahan menerima, atau kesalahan blocking.
garis dasar—Garin yang menandai ujung lapangan pada masing-masing sisi jaring. Di sebuah lapangan berukuran baku, masing-masing garis dasar berjarak 9 meter dari jaring dan melintang sejajar jaring. Disebut juga garis ujung.
garis serang—Garin di lapangan pada masing-masing sisi jaring yang berjarak 3 meter dari jaring dan sejajar dengan jaring yang memisahkan lapangan bagian depan dengan lapangan bagian belakang. Para pemain barisan belakang tidak diperbolehkan melompat dan menyerang bola dari depan garis serangan. Disebut juga garis 3 meter.
garis tengah—Garin yang melintang sejajar dan tepat berada di bawah jaring dari
garis tepi ke garis tepi di seberang lapangan, membagi lapangan menjadi dua. garis tepi—Garin yang menandai setiap sisi area bermain. Garin ini memiliki panjang
9 meter dari jaring ke garis ujung di setiap sisi jaring.
garis ujung—Garin yang menandai ujung lapangan di masing-masing sisi jaring. Masing-masing garis ujung berjarak 9 meter dari jaring dan melintang sejajar dengan jaring. Disebut juga garis dasar.
jaring—Peralatan yang membagi lapangan menjadi dua dan memisahkan area bermain untuk kedua tim.
kartu kuning — Tanda yang menunjukkan peringatan
kartu merah — Tanda yang ditunjukan sebagai akibat dari pelanggaran perseorangan ataupun tim yang mengakibatkan diberikannya sebuah poin untuk lawan.
keluar batas lapangan — Area di luar batas lapangan. Sebuah bola dianggap keluar (dan menjadi bola mati) ketika mendarat atau membentur sebuah benda yang berada di luar batas lapangan.
kesalahan servis — Kesalahan yang dilakukan pemain servis ketika sedang memukul servis. Misal, memukul servis yang gagal melintasi jaring, memukul servis yang keluar batas lapangan, atau melakukan pelanggaran kaki.
kontak ganda—Ketika satu orang pemain menyentuh bola lebih dari sekali tanpa ada pemain lain yang menyentuh bola di antara kontak-kontak tersebut. Kontak ini hanya dianggap sah jika kontak pertama pemain terhadap bola merupakan sebuah blocking.
kontak pada bola —Menyentuh bola dengan bagian apa pun dari tubuh pemain (kecuali kibasan rambut pemain).
lapangan bagian belakang —Area di antara garis serang dan garis ujung (dari garis tepi ke garis tepi) pada masing-masing sisi jaring.
lapangan bagian depan—Area di antara jaring dan garis serang (dari garis tepi ke garis tepi) di masing-masing sisi jaring.
let service—Servis di mana bola yang dipukul menyentuh jaring tetapi masih dapat melintasi jaring menuju lapangan lawan.
liberoPemain yang dianggap sebagai pemain spesialis barisan belakang. Pemain ini hanya bermain dalam barisan belakang dan diperbolehkan mengganti pemain barisan belakang manapun tanpa batas pada saat bola mati. Libero tidak boleh melakukan servis, mengumpankan bola ke penyerang dari depan garis serangan, atau menyerang bola dari atas puncak jaring.
lift—Pelanggaran (kontak tidak sah) yang terjadi ketika pemain memegang bola.

lineup —Daftar pemain tim inti dalam posisi yang akan mereka mulai dalam pertandingan. Lineup menentukan rotasi pemain atau urutan servis di sepanjang pertandingan.
lintas lapangan—Arab serangan yang wring dilakukan, dari sudut sisi jaring penyerang ke arah garis tepi yang berseberangan atau ke arah sudut diagonal dari sisi area lawan.
loss of rally — Hukuman yang diberikan ketika tim yang melakukan servis melanggar peraturan. Lawan diberi kesempatan servis, dan sebuah nilai.
membaca bola — Memperkirakan apa yang akan terjadi di lapangan. Misalnya, pemain blocking melihat pengumpan untuk mendapatkan isyarat yang membantu mereka mengantisipasi kemana pengumpan akan memukul bola.
overlap — Pelanggaran yang terjadi ketika para pemain tidak berada dalam urutan servis dan jajaran barisan yang semestinya, dengan tanpa berganti ke posisi para pemain yang berdekatan (baik belakang ke depan atau dari sisi ke sisi) ketika bola diservis.
passing — Permainan di mana pemain melakukan kontak terhadap bola dan mengarah­kannya ke udara, sehingga rekan satu tim dapat mengambil posisi untuk melakukan kontak selanjutnya.
passing atas — Pukulan passing yang dilakukan pemain dengan menyentuh bola menggunakan kedua tangan di atas kepala.
passing bawah — Sebuah passing yang dilakukan pemain dengan menggunakan lengan bawahnva untuk memukul bola yang jatuh setinggi pinggangnya.
pelanggaran kaki — Pemain servis melangkah di atas atau melampaui garis ujung sebelum menyentuh bola pada saat melakukan servis.
pelanggaran—Terjadi ketika seorang pemain gagal bermain sesuai peraturan. Anda harus berkonsultasi dengan liga Anda untuk informasi tentang pelanggaran dan hukumannya.
pemain blocking— Pernain bertahan yang mencoba menghentikan atau memperlam­bat serangan di area jaring.
pemain servis — Pemain yang melakukan kontak awal untuk menempatkan bola dalam permainan dan memulai rally.
pemukul — Pemain yang memukul bola melintasi jaring ke dalam lapangan lawan. Disebut juga pemain spike atau penyerang.
penalti — Konsekuensi yang diberikan kepada pemain atau tim yang melanggar peraturan.
pendekatan — Gerakan penyerang, biasanya tiga atau empat langkah lari cepat untuk mengambil posisi melompat dan memukul bola.
penetrasi — Tindakan menjangkau melewati jaring dan melanggar bidang jaring sambil membendung serangan.
penggantian—Mengarah pada pemain libero yang masuk ke dalam pertandingan
untuk menggantikan salah satu pemain barisan belakang memperkuat pertahanan. 
penghitungan skor rally—Metode penghitungan skor di mana poin dihitung pada
setiap rally, tanpa mempertimbangkan tim mana yang melakukan servis. 
pengumpan — Pernain yang melakukan kontak kedua dan mengarahkan bola kepada
penyerang.
penundaan — Penundaan awal atau permulaan pertandingan yang dilakukan dengan sengaja oleh tim, pemain, atau pelatih. Pelanggaran pertama selama pertandingan akan mengakibatkan diberikannya peringatan. Pelanggaran kedua atau ketiga di sepanjang pertandingan yang sama akan mengakibatkan poin penalti yang diberikan kepada tim lawan.
pepperLatihan di mana para pemain melakukan passing, mengumpan dan memukul
bola bolak-balik ke arch satu sama lain. Sering disebut dengan latihan pemanasan. perimeter — Suatu jenis pertahanan yang digunakan untuk mempertahankan area yang
dekat dengan batas lapangan.
peringatan — Ketika seorang wasit memberika pemberitahuan atas terjadinya pelanggaran kecil pertama dengan mengeluarkan kartu kuning. Peringatan dicatat dalam buku skor, tetapi tidak diberikan hukuman. Disebut juga kartu kuning.
permainan ulang—Tindakan memainkan suatu rally kembali, seperti ketika terjadi kesalahan ganda, dengan tanpa memberikan sebuah nilai atau loss of rally clan tanpa rotasi servis (pemain servis yang sama akan melakukan servis).
pertandingan—Serangkaian set pertandingan, biasanya tiga atau lima set yang dimainkan untuk menentukan pemenang pertandingan. Tim yang memenangkan dua dari tiga set atau tiga dari lima set pertandingan adalah pemenang pertandingan.
poin penalti—Poin yang diberikan kepada sebuah tim ketika tim lawan melanggar peraturan. Disebut juga kartu merah.
posisi siap — Posisi yang harus diambil pemain ketika sedang bersiap untuk memain­kan bola seperti ketika sedang melakukan servis, mengumpan, menyerang, menerima passing atau digging, atau melakukan blocking.
postur—Posisi tubuh pemain selama memainkan suatu keterampilan.
pukulan — Keterampilan utama yang digunakan pemain penyerang untuk memainkan bola ke atas jaring. Disebut juga spike atau serangan.
rally Serangkaian permainan yang terns menerus bolak-balik melintasi jaring yang dimulai dengan servis clan berakhir ketika bola dinyatakan sebagai bola coati.
roll shot—Suatu pukulan lemah (off-speed) yang dilakukan pemain dengan menyentuh bola dengan lemah, dengan topspin yang lambat, mengarahkannya ke suatu area lapangan yang terbuka. Disebut juga off-speed spike.
rotasi — Perubahan posisi pemain dengan bergerak search jarum jam ketika tim mereka diberi kesempatan servis setelah servis yang dilakukan oleh lawan.
ruang terbuka — Daerah kosong lapangan di antara dua orang pemain.
screenSuatu tindakan tidak sah yang melibatkan satu atau lebih pemain dari tim yang melakukan servis dengan mencoba untuk menghalang-halangi penerima servis melihat pemain yang melakukan servis atau jalur servis bola. Tindakan ini termasuk melambaikan tangan, melompat atau bergeser untuk menyembunyikan pemain servis.
sentuhan bola — Kontak pada bola oleh pernain,
serangan off-speedSerangan yang dilakukan pemukul yang bertujuan memperdayai perta-hanan lawan dengan memukul bola dengan lemah sehingga bola bergerak lebih lambat daripada hard-driven spike.
serangan — Usaha tim menyerang dengan memukul atau melakukan spike ke dalam lapangan lawan. Tujuan penyerang adalah memukul bola ke lantai di sisi jaring lawan untuk memenangkan rally.
servis — Kontak dengan bola yang memulai permainan untuk memulai setiap rally.
servis melayang— Sebuah servis yang melayang melintasi jaring tanpa putaran bola (seperti sebuah knuckleball). Untuk memainkan servis melayang, pemain memukul bola dengan kuat menggunakan suatu aksi "meninju" dengan sedikit atau tanpa gerakan lanjutan.
servis melompat — Servis yang dilakukan pemain servis dengan melompat ke udara (sama dengan suatu serangan di area jaring) untuk menyentuh bola yang dilemparkan.
servis tangan bawah — Pukulan servis yang dilakukan dengan gerakan tangan bawah untuk menyentuh bola pada ketinggian sebatas pinggang.
servis ulang—Terjadi ketika pemain servis diperbolehkan melakukan servis lagi setelah melakukan kesalahan melempar. Pada sebagian besar liga remaja, pemain diperbolehkan melakukan satu kali kesalahan melempar servis (membiarkan bola melambung atau menangkapnya setelah melemparkannya untuk sebuah servis) per usaha servis atau per rotasi, yaitu pemain masih diperbolehkan melakukan servis lagi setelah hal ini terjadi.
side-out—Terjadi ketika tim yang menerima servis mendapatkan hak untuk melakukan servis dengan memenangkan rally.
spike—Pukulan yang kuat dan diarahkan dengan keras yang digunakan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan lawan.
substitusi—Seorang pemain masuk ke dalam pertandingan untuk menggantikan pemain lain.
tip — Suatu serangan yang dilakukan pemukul dengan menggunakan satu tangan untuk mencoba menempatkan bola dengan lemah di atas pemain blocking atau ke dalam area-area terbuka lainnya dari lapangan lawan.
topspingerakan memutar yang dapat diberikan pada bola ketika sedang menyerang atau memukul servis. Topspin menyebabkan bola jatuh secara tiba-tiba.
transisi — Pergantian tim dari bertahan ke menyerang atau dari menyerang ke bertahan selama permainan. Bisa juga mengarah pada pemain yang berganti dari posisi menyerang ke posisi bertahan atau sebaliknya.
tukar posisi — Dua orang pemain satu tim yang berganti posisi di lapangan dengan cepat setelah servis untuk tujuan menyerang atau bertahan. Hal ini juga mengacu pada tim lawan yang berganti sisi jaring di akhir setiap set pertandingan atau pada saat mencapai nilai tengah dari set yang menentukan dalam pertandingan.
umpan — Sebuah passing (biasanya passing atas dengan dua tangan) yang digunakan untuk menyampaikan bola kepada seorang penyerang.
urutan rotasiLineup tim yang dikumpulkan sebelum setiap set pertandingan yang menunjukkan posisi-posisi awal pemain dan menentukan rotasi para pemain di sepanjang pertandingan. Lineup ini membantu pencatat skor dan wasit mengetahui urutan pemain yang melakukan servis dan menjelaskan bahwa para pemain berada dalam urutan rotasi yang benar sebelum setiap servis dilakukan.
USA Volleyball (USAV) — Organisasi yang berperan sebagai badan pengatur bola voli nasional di Amerika Serikat.



ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook