05 April 2011

out door education

MENDAKI GUNUNG

image 1. Perlengkapan Mendaki Gunung

Untuk suatu pendakian gunung dibutuhkan perlengkapan yang memadai. Perlengkapan

mendaki gunung antara lain:

a. Sepatu

Sepatu merupakan perlengkapan terpenting dalam mendaki gunung. Sepatu untuk mendaki harus memiliki sol yang balk, yaitu mempunyai "kembang" yang besar dengan ceruk clip_image002yang tajam Berta berpunggung tinggi. Sol seperti ini berguna sekali untuk meletakkan kaki secara mantap pada tebing-tebing curam dan berbatu, sangat membantu kaki untuk menahan berat baclan pendaki b. Ransel

Perlengkapan untuk membawa semua barang ketika berjalan atau mendaki gunung ialah ransel. Kenyamanan membawa ransel tergantung pada pengepakan barang di dalamnya. Prinsip yang harus dipegang dalam pengepakan, antara lain:

1) Letakkan barang-barang yang berat di bagian atas dan barang-barang yang ringan di bagian bawah. Bagilah berat itu secara merata di sebelah kiri dan kanan, jangan menyiksa salah satu bahu dengan berat yang tidak seimbang.

2) Letakkan barang-barang yang dibutuhkan dalam perjalanan di bagian atas. Sedapat mungkin kelompokkan barang-barang tersebut menurut fungsinya, lalu letakkan bersama-sama menurut tingkat kebutuhannya.

3) Manfaatkan ruangan yang ada di dalam ransel seefisien. mungkin. Maksudnya, apabila ada panci di dalam ransel, jangan biarkan ruangan di dalam panci kosong.

4) Pendidikan Josmani, Olahraga dan Kesehaton untuk SMA Aid 1

clip_image004

C. Pakaian

Parka dan anorak adalah model jaket untuk menahan angin dan menahan air (jaket hujan). Secara umum, parka untuk menahan angin terdiri atas dua jenis. Jenis pertama adalah parka yang terbuat dari bahan sederhana seperti katun atau nilon. Di dalamnya, masih memakai baju lain, seperti kaus atau sweater. Jenis kedua adalah yang disebut super parka atau down jacket. Jaket ini terbuat dari bahan dua lapis yang berisi dacron atau down. Jaket jenis ini berguna sekali untuk udara dingin di gunung-gunung es, karena mampu menghangatkan badan kendati suhu udara berada di bawah nol derajat celcius.

e. Perlengkapan tidur

Bahan yang terbaik untuk kantung tidur di gunung adalah down clip_image006atau duvet. Down atau duvet adalah bulu-bulu halus dari unggas akuatik, biasanya angsa atau bebek. Bulu-bulu halus tersebut terdapat di antara kulit dan bulu-bulu kasar yang kelihatannya secara fisik pads angsa atau bebek. Dengan sendirinya, kantung tidur dari bahan ini sangat mahal harganya. Down atau duvet mampu menghangatkan badan kendati suhu udara mencapai titik di bawah nol derajat celcius. Tentu saja ketebalan kantung tidur dan banyaknya down atau duvet menentukan sampai berapa derajat suhu udara yang mampu dilawan oleh sebuah kantung tidur.

clip_image008

f Perlengkapan masak

Perlengkapan masak yang lebih praktis adalah yang biasa disebut nesting, yaitu satu set panci yang dapat disusun menjadi satu apabila tidak dipakai. Nesting yang biasa dipakai tentara adalah bentuk yang praktis terdiri atas dua panci dan satu piring yang dapat pula dipakai untuk menggoreng, dilengkapi dengan dua tangkai panci yang dapat dilepas dan dipasang.

Sendok dan cangkir yang terbuat dari melamin balk sekali untuk dibawa ke gunung. Kelebihan melamin adalah mudah dibersihkan, hanya dengan siraman sedikit air saja. Bahkan hanya dengan diseka kertas tissue atau lumut, melamin sudah cukup bersih. Minyak atau lemak yang melekat akan gampang melepas.

g. perlengkapan makanan

Makanan siap saji (instant) merupakan pilihan pertama untuk dibawa sebagai bekal mendaki gunung. Banyak keuntungan dari makanan siap, saji ini, yaitu ringkas Berta cepat masak, sehingga menghemat waktu dan bahan kompor. Ini penting, karena tentunya tidak mau membawa ekstra bahan baker untuk kompor dan membuang waktu hanya untuk memasak. Lagipula dewasa ini tidak ada kesulitan untuk memperoleh makanan siap saji di toko-toko, seperti kornet, Barden, mie instant, biskuit, coklat, havermout, dan lain-lain.

Seorang pendaki gunung setiap hari membutuhkan sekitar 5000 kalori dan 70 gram sampai 100 gram protein. Pengaturan makanan yang balk akan membantu pengeluaran tenaga secara efektif

h. Perlengkapan tambahan

Payung yang dapat dilipat dengan ringkas merupakan perleng­kapan yang kerap, dilupakan, kendati bermanfaat banyak. Payung bukan hanya berguna untuk melindungi tubuh dari hujan dan sengatan matahari, tetapi juga dapat dipakai untuk mengambil air dengan cara dikembangkan dan ditelentangkan dapat pula mengumpulkan titik-titik air yang menempel di daun-daun Perlengkapan lain yang harus dibawa antara lain: golok atau parang, kantung plastik, penangkis Macam-macam pelengkapan tambahan untuk mendaki gunung serangga (insect repellent) dan minyak pelindung matahari (sun oil,sun burn, atau sun preventives). Untuk perlengkapan pribadi, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi (terutama yang mempunyai penyakit tertentu), satu set peralatan P3K, dan perlengkapan kebersihan badan seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, sisir, cukur kumis dan lain sebagainya.