23 November 2011

mitos Olah Raga

Mitos tidak hanya berhubungan dengan dunia mistis saja, ternyata dalam dunia fitnes dan olahraga pun dikenal beberapa mitos. Jika Anda pernah mendengar beberapa kabar dan membuat Anda ragu untuk menjalani olahraga, berikut ini lima mitos paling umum seputar olahraga dan faktanya yang diungkapkan para ahli serta instruktur fitnes yang dikutip dari Sofeminine.
Olahraga di pagi hari lebih efektif ?
Banyak orang yang mengatakan olahraga di pagi hari lebih efektif, dan tidak sedikit juga yang mengatakan sore hari menjadi waktu tepat untuk berolahraga. Faktanya
, lakukanlah olahraga menurut waktu yang sesuai dengan aktivitas harian Anda. Tidak peduli pagi atau sore hari, yang penting lakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap fit dan bugar. Konsistensi dan rutinitas merupakan hal terpenting dalam berolahraga, dan ada baiknya melakukan olahraga antara tiga sampai lima kali seminggu. Jangan lupa konsumsilah sedikit snack satu jam sebelum berolahraga untuk asupan energi.
Mengkonsumsi protein setelah berolahraga
Protein memang bagus dikonsumsi setelah berolahraga, namun hal ini dilakukan jika Anda ingin membentuk otot dan mengurangi lemak. Faktanya, dibutuhkannya protein atau tidak setelah berolahraga tergantung pada tujuan Anda. Jika Anda bertujuan berolahraga untuk menjaga kesehatan, cukup mengkonsumsi karbohidrat dan minuman energi sebelum, selama, dan setelah berolahraga.
Cara tercepat menurunkan berat badan dengan Cardio
Banyak orang percaya cara cepat menurunkan berat badan yaitu dengan cardio. Cardio merupakan latihan aerobic, dimana banyak menggunakan gerakan pada otot-otot secara berkesinambungan dan berirama dalam setiap periode latihan. Cardio merupakan olahraga yang efektif membakar kalori, bahkan dalam sekali sesi, cardio bisa membakar hingga 300-600 kalori. Faktanya, cardio bukanlah cara tercepat menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cara tercepatnya dengan berdiet dikombinasikan dengan olahraga, salah satunya cardio. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan cardio adalah lari, berjalan, aerobic, senam, jazz, bersepeda, berenang, ski, dan mendayung.
Latihan lebih lama = hasilnya lebih cepat
Menambah jam latihan memang berpengaruh pada hasil yang diinginkan. Namun bukan berarti Anda melakukannya dengan sembarangan. Fitnes terprogram dan terencana dengan baik serta mengikuti jawdalnya, merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan dan dalam waktu yang cepat juga tentunya.
Olahraga pengaruhi makan lebih banyak
Apakah Anda termasuk orang yang berpikir setelah berolahraga maka bebas mengkonsumsi makanan sebanyak apapun? Saat berolahaga, metabolisme tubuh memang akan meningkat dan jumlah asupan makanan yang diperlukan tubuh pun meningkat. Namun banyak orang yang salah paham, dengan setelah melakukan olahraga maka bebas untuk mengkonsumsi makanan apapun. Faktanya, jika Anda ingin menyingkirkan lemak, kegiatan olahraga pun harus diiringi dengan diet sehat.

ARTIKEL TERKAIT:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
facebook